Jumat 22 Mar 2024 20:08 WIB

AS Desak Ukraina Hentikan Serangan ke Fasilitas Migas Rusia

Serangan ke Fasilitas Migas Rusia akan menyebabkan kenaikan harga minyak global.

Red: Friska Yolandha
Amerika Serikat (AS) mendesak Ukraina untuk menghentikan serangan terhadap infrastruktur energi Rusia.
Foto: EPA-EFE/RUSSIAN FOREIGN MINISTRY PRESS SERVIC
Amerika Serikat (AS) mendesak Ukraina untuk menghentikan serangan terhadap infrastruktur energi Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Surat kabar Financial Times mengungkap bahwa Amerika Serikat (AS) mendesak Ukraina untuk menghentikan serangan terhadap infrastruktur energi Rusia. Pasalnya, hal itu menimbulkan kekhawatiran bahwa serangan tersebut dapat menyebabkan meroketnya harga minyak global dan memicu pembalasan.

Washington terus-menerus memperingatkan para pejabat senior di dinas keamanan Ukraina dan direktorat intelijen militer negara itu atas serangan pesawat tak berawak yang "sangat berani" oleh Kiev yang menargetkan kilang, terminal, dan depot minyak di Rusia bagian barat.

Baca Juga

AS juga khawatir atas kemungkinan pembalasan Rusia dengan menargetkan infrastruktur energi yang diandalkan oleh Barat, termasuk jaringan pipa yang mengalirkan minyak dari Kazakhstan melalui Rusia, jika Ukraina terus berupaya menyerang fasilitas Rusia, kata laporan tersebut.

Ukraina dan Rusia telah saling melancarkan serangan drone di tengah konflik militer antara kedua negara.

Menjelang pemilihan presiden Rusia yang berlangsung pada 15-17 Maret, Ukraina mengintensifkan serangan drone dan serangan lainnya terhadap Rusia, termasuk terhadap kilang minyak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement