Sabtu 23 Mar 2024 12:25 WIB

Indonesia dan Ukraina Jajaki Peluang Kerja Sama di Bidang Kebudayaan

Dalam pertemuan tersebut, Ukrainian Institute menyebutkan sejumlah usulan.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Seni melukis payung khas Indonesia (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Seni melukis payung khas Indonesia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ukrainian Institute mengadakan pertemuan langsung dengan Kemendikbud RI untuk membahas peluang kerja sama dalam sejumlah bidang, termasuk kerja sama kebudayaan antara Ukrainian Institute dan Kemendikbud RI. 

Direktur Pusat Teknologi dan Layanan Kependidikan (PTLK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Restu Gunawan mengungkapkan bahwa peluang kerja sama ini menjadi penting untuk bisa memperkaya pengalaman para seniman baik di Indonesia maupun Ukraina. 

Baca Juga

“Secara prinsip kita sangat terbuka bekerja sama dengan lembaga baik didalam maupun diluar negeri. Barusan dari Ukrainian Institute mau mengajak kerja sama dibidang kebudayaan, peningkatan kapasitas, kebudayaan, SDM, pertunjukan dan lain sebagainya yang merupakan hal menarik,” kata Restu, dikutip pada Sabtu (23/3/2024). 

Dalam pertemuan tersebut, Ukrainian Institute menyebutkan sejumlah usulan yang diajukan untuk memperkuat kerja sama bidang seni dan kebudayaan, antara lain pertukaran seniman Indonesia dan Ukrania, menciptakan kegiatan kebudayaan dua negara, 

Ukranian Institute merupakan lembaga dibawah Kementerian Luar Negeri Ukraina di bidang budaya yang bertujuan untuk memperluas kerja sama berbagai negara dengan menggunakan alat diplomasi budaya.

Wakil Direktur Jenderal Ukrainian Institute, Alim Aliev mengungkapkan ada banyak peluang yang dapat dikolaborasikan antara Indonesia dan Ukrania. Karena Ukraina juga memiliki beragam kesamaan, mulai dari adat istiadat, budaya, tradisi, agama yang mirip dengan Indonesia

“Peluang kerja sama ini sekaligus memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Ukraina dalam mengenalkan budaya dan sejarah Ukraina di Indonesia. Karena kesamaan tersebut kami rasa akan sangat menarik untuk di kolaborasikan,” ujar Alim.

Selaras dengan Alim Aliev, Ketua Program Indonesia dari Ukranian Institute Yulia Mykulych pun mengungkapkan banyak pertukaran dan kolaborasi yang bisa dilakukan. 

“Selain kebudayaan, juga melakukan pertukaran studi Bahasa untuk memperkaya bidang kesastraan. Saya senang belajar Bahasa Indonesia. Di Ukraina, ada program studi Indonesia dan kami senang perdalam hal itu,” kata Yulia

Yulia menambahkan pentingnya pertemuan ini semoga bisa menciptakan program studi, pertukaran pelajar, seniman, dan lain sebagainya dari Ukraina ke Indonesia begitu juga sebaliknya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement