Rabu 17 Apr 2024 19:26 WIB

Cerita Aiptu Supriyanto Kembalikan Tas Pemudik Berisi Rp 100 Juta Tuai Pujian Kompolnas

Sosok Aiptu Supriyanto dinilai sebagai cerminan polisi jujur berintegritas.

Red: Teguh Firmansyah
Polisi, ilustrasi

Poengky menyebut kejujuran ini menunjukkan tolak ukur keamanan dan kenyamanan sebuah negara, khususnya jika ingin dikunjungi oleh turis mancanegara.

Berdasarkan studi prilaku jujur yang diterbitkan Science Magazine, pada medio Juni tahun 2019, ahli menemukan posisi Indonesia berada di urutan 33 dari 40 negara.

Studi ini dilakukan di 355 kota, mencakup 40 negara di seluruh dunia. Indonesia tertinggal jauh dari Thailand yang menempati urutan 28 dalam kebiasaan berprilaku jujur. Untuk itu, Poengky mengapresiasi tindakan yang dilakukan Aiptu Supriyanto.

Poengky berharap para pemudik menjaga barang-barangnya dengan baik. Sehingga tidak ada yang tertinggal ataupun hilang.

“Kompolnas juga berharap integritas dan kejujuran Aiptu Supriyanto dapat ditemukan masyarakat pada polisi-polisi yang lain sehingga masyarakat merasa semakin terlayani, terayomi dan terlindungi,” kata Poengky.

Diketahui Seorang anggota Polri yang berjaga di Rest Area KM 116 A Tol Trans Sumatera wilayah hukum Polres Lampung Tengah, Polda Lampung Aiptu Supriyanto menemukan tas pemudik yang tertinggal di toilet, pada Minggu (14/4/2024). Tas pemudik yang tertinggal di paku tembok toilet tersebut berisi uang ratusan juta pecahan uang Rp100 ribuan, Paspor dan HP.

Saat menemukan tas tersebut, Aiptu Supriyanto tak berani membuka sendirian, kemudian membawanya ke pos untuk diperiksa bersama security dan OB rest area. Aiptu Supriyanto kemudian mengumumkannya menggunakan pengeras suara masjid.

 

Akhirnya pengumuman tersebut didengar oleh pemilik tas. Setelah tersambung, Aiptu Supriyanto bertemu dengan pemilik di Masjid rest area lalu mengembalikan tas pemudik itu. Diketahui, pemilik tas tersebut adalah Sukisno (55) pemudik yang hendak pulang ke Belitang, Sumatera Selatan, setelah bersilaturahmi ke Pulau Jawa.

Apakah Anda orang yang pandai berbicara

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement