Rabu 17 Apr 2024 21:00 WIB

Taman Margasatwa Ragunan Tanggung Biaya Pengobatan Wisatawan Tertimpa Pohon

Dua wisatawan tertimpa dahan pohon saat sedang berwisata di Taman Margasatwa Ragunan.

Red: Nora Azizah
Pengunjung beristirahat di patung burung saat berwisata di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengunjung beristirahat di patung burung saat berwisata di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelola Taman Margasatwa Ragunan memastikan menanggung seluruh biaya pengobatan wisatawan yang tertimpa dahan pohon di kawasan tersebut.

"Saat kejadian tidak ada angin bertiup di lokasi. Namun tiba-tiba dahan dari pohon kemenyan jatuh menimpa pengunjung yang sedang duduk," kata Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang di Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Baca Juga

Bambang mengatakan ada dua wisatawan yang tertimpa dahan pohon yang berada di dalam wilayah Taman Kemenyan di samping stan kuliner kandang jerapah.

Menurut dia, peristiwa dahan pohon patah sehingga menimpa dua pengunjung terjadi pada hari Selasa (16/4) sekitar jam 12.15 WIB, dan di lokasi tersebut merupakan areal parkir petugas dan pedagang.

Bambang mengatakan pada saat kejadian penangan yang dilakukan oleh petugas adalah mengevakuasi korban ke posko kesehatan Ragunan untuk dilakukan penanganan dengan cepat.

"Setelah dilakukan observasi, korban langsung di evakuasi ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan penanganan medis lanjutan," tuturnya.

Bambang menambahkan kedua korban merupakan satu keluarga yang bernama Tri Retno Haryati (55) dan Ria Haryani (31).

"Untuk biaya pengobatan di tanggung  pengelola Taman Margasatwa Ragunan," kata Bambang.

Menurut Bambang langkah antisipasi yang telah dilakukan adalah pemangkasan pohon di kawasan area piknik depan kandang jerapah yang berpotensi berbahaya bagi pengunjung dengan cara pemangkasan, pemotongan, dan pengikatan.

"Total pohon yang ada di Taman Margasatwa Ragunan berjumlah 64.982 pohon," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement