Kamis 18 Apr 2024 05:01 WIB

Percikkan Mata dengan Air Setiap Pagi Ternyata Ada Bahayanya

Dokter menganjurkan untuk menghentikan kebiasaan memercikkan air ke mata.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Mengucek mata (Ilustrasi). Mata sudah memiliki mekanisme untuk membersihkan apa yang tidak diperlukan.
Foto: Republika/Desy Susilawati
Mengucek mata (Ilustrasi). Mata sudah memiliki mekanisme untuk membersihkan apa yang tidak diperlukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, memercikkan air ke mata pada pagi hari adalah rutinitas menyegarkan yang dianggap dapat membangunkan penglihatan. Namun, menurut para ahli oftalmologi, kebiasaan ini sebenarnya bisa merugikan kesehatan mata.

Ahli bedah Lasik dan katarak di India, Rahil Chaudhary, menjelaskan bahwa mata memiliki kelenjar air mata yang mengandung minyak. Memercikkan air berkali-kali bisa menghilangkan cairan air mata, yang menyebabkan mata kering.

Baca Juga

"Perlu dicatat bahwa mata sudah memiliki mekanisme untuk membersihkan apa yang tidak diperlukan," kata dr Chaudhary, dilansir Indian Express, Rabu (17/4/2024).

Konsultan utama oftalmologi di Max Multi Specialty Centre di India, Deepali Garg Mathur, menyebut bahwa air mata alami memiliki fungsi penting sebagai pelumas untuk membersihkan kotoran dari mata dan melindungi dari infeksi. Cairan air mata mengandung berbagai zat seperti lisozim dan laktoferin yang melawan infeksi bakteri.

"Beberapa zat ini melawan infeksi bakteri sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh," ujar dr Mathur.

Ahli bedah kornea dan refraktif senior, Rumah Sakit Mata Maxivision di India, Madhavi Majety, juga menyoroti risiko kontaminasi yang terkandung dalam air keran. Dia menyatakan bahwa air keran dapat mengandung kotoran atau mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan mata.

Apa yang harus dilakukan untuk membersihkan mata?

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَاَنْزَلَ لَكُمْ مِّنَ الْاَنْعَامِ ثَمٰنِيَةَ اَزْوَاجٍ ۗ يَخْلُقُكُمْ فِيْ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ خَلْقًا مِّنْۢ بَعْدِ خَلْقٍ فِيْ ظُلُمٰتٍ ثَلٰثٍۗ ذٰلِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُۗ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ فَاَنّٰى تُصْرَفُوْنَ
Dia menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam) kemudian darinya Dia jadikan pasangannya dan Dia menurunkan delapan pasang hewan ternak untukmu. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang memiliki kerajaan. Tidak ada tuhan selain Dia; maka mengapa kamu dapat dipalingkan?

(QS. Az-Zumar ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement