Kamis 18 Apr 2024 20:39 WIB

Doa Memohon Keselamatan yang Sering Dibaca Kekasih Allah

Doa merupakan senjata orang beriman.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keselamatan dunia dan akhirat merupakan tujuan utama bagi umat manusia, karena keduanya saling terkait dan mempengaruhi kehidupan manusia secara keseluruhan.

Dalam mencari keselamatan dunia, manusia berusaha untuk mencapai kesejahteraan, keamanan, dan kemakmuran materi. Namun, keselamatan dunia yang sejati bukan hanya tentang mencapai kekayaan dan kekuasaan, tetapi juga tentang menciptakan harmoni dalam hubungan sosial, menjaga lingkungan, dan memelihara nilai-nilai moral.

Baca Juga

Abu Al-Fadhl Al-Abbas bin ‘Abdul Muththalib meriwayatkan, “Aku berkata:

يَا رسول الله عَلِّمْني شَيْئاً أسْألُهُ الله تَعَالَى، قَالَ : (( سَلوا الله العَافِيَةَ )) فَمَكَثْتُ أَيَّاماً، ثُمَّ جِئْتُ فَقُلتُ : يَا رسولَ الله عَلِّمْنِي شَيْئاً أسْألُهُ الله تَعَالَى ، قَالَ لي : (( يَا عَبَّاسُ ، يَا عَمَّ رسول اللهِ ، سَلُوا الله العَافِيَةَ في الدُّنيَا والآخِرَةِ )) . رواه الترمذي ، وقال : (( حديث حسن صحيح )) .

Wahai Rasulullah, ajarkanlah kepadaku sesuatu yang bisa aku minta kepada Allah.’ Maka beliau menjawab, ‘Mintalah kepada Allah keselamatan.’ Setelah beberapa hari, aku datang dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, ajarkanlah sesuatu yang aku bisa minta kepada Allah.’ Beliau menjawab, ‘Wahai ‘Abbas, paman Rasulullah, mintalah kepada Allah keselamatan di dunia dan akhirat.” (HR. Tirmidzi).

Dengan demikian, doa yang diajarkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam kepada Abbas bin Abdul Muthalib yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَة

Allahumma innī as alukal afiyah.

Ya Allah, aku memohon keselamatan di dunia dan di akhirat. 

Doa tersebut memiliki banyak kandungan, di antaranya:

Pertama, untuk menyelamatkan diri dari segala penderitaan.

Kedua, agar diberikan kesehatan.

Ketiga, agar diberikan kehidupan yang berkecukupan. 

Keempat, diberikan keselamatan dan perlindungan. 

Kelima, agar mendapatkan perlindungan dari azab. 

Oleh karena itu, memohon keselamatan dunia dan akhirat kepada Allah, manusia meneguhkan keyakinannya bahwa hanya dengan ridha dan pertolongan-Nya, mereka dapat meraih kebahagiaan sejati di dunia dan akhirat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement