Senin 22 Apr 2024 21:47 WIB

Selama Libur Lebaran, Daop 3 Cirebon Layani 160.563 Penumpang Naik 17 Persen

Puncak kedatangan pemudik pada masa Angkutan Lebaran terjadi pada 8 April 2024.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Penumpang kereta api tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang kereta api tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON---- PT KAI Daop 3 Cirebon melayani 160.563 pelanggan kereta api selama 22 hari pelaksanaan Angkutan Lebaran 2024. Masa angkutan lebaran itu berlangsung selama periode 31 Maret–21 April 2024.

‘’Jumlah tersebut meningkat 17 persen jika dibandingkan dengan periode Angkutan Lebaran 2023 yang mencapai 136.298 pelanggan KA,’’ ujar Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul, Senin (22/4/2024).

Baca Juga

Rokhmad mengatakan, puncak kedatangan pemudik pada masa Angkutan Lebaran terjadi pada 8 April 2024. Yakni, dengan jumlah pemudik 10.479 yang datang. Sementara puncak arus balik, terjadi pada 14 April 2024. Yakni, dengan jumlah penumpang sebanyak 12.087 pelanggan KA.

Rokhmad mengungkapkan, pada masa Angkutan Lebaran tahun ini, Daop 3 Cirebon  mengoperasikan 179 perjalanan KA. Ratusan perjalanan KA itu terdiri dari KA reguler sebanyak 119 KA, KA tambahan Lebaran sebanyak 30 KA dan KA barang sebanyak 30 KA. ‘’Semua operasional perjalanan KA selama masa angkutan lebaran berjalan aman, lancar, tidak ada hambatan,’’ kata Rokhmad.

Untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api, lanjut Rokhmad, PT KAI Daop 3 Cirebon menjalankan KA Tambahan Argo Cheribon Lebaran. Yaitu, dari tanggal 31 Maret sampai dengan 21 April 2024.

Daop 3 Cirebon juga meningkatkan layanan pada masa Angkutan Lebaran 2024 dengan mengelar Layanan Kesehatan Pengobatan Gratis. Adapula hiburan Live Music Accoustik bagi para pelanggan KA yang menunggu kedatangan dan keberangkatan di ruang tunggu Stasiun Cirebon.

Rokhmad pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat, mulai dari Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, pemerintah daerah, Komunitas Pecinta KA IRPS Kordinator wilayah Cirebon dan  Komunitas Railfans Daop 3 wilayah Indramayu.

Rokmad mengatakan, KAI berkomitmen untuk menjaga kepercayaan pelanggan dengan sebaik-baiknya. Sehingga, layanan KAI tetap menjadi pilihan masyarakat untuk angkutan Lebaran, Nataru, dan pada momen-momen lainnya. ‘’Kami akan terus konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan KA,’’ kata Rokhmad. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement