Rabu 24 Apr 2024 13:25 WIB

Mendag Sentil Pengusaha Curang, Usahanya Nggak akan Maju

Kepuasan pelanggan menentukan kesuksesan usaha.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Lida Puspaningtyas
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat menghadiri acara puncak perayaan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2024 yang mengangkat tema Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat menghadiri acara puncak perayaan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2024 yang mengangkat tema Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengingatkan pengusaha untuk terus meningkatkan produk dan pelayanan demi kepuasan pelanggan. Secara teori, kata Zulhas, jika produk ataupun pelayanan semakin bagus, berkorelasi dengan tingkat kepuasan konsumen.

"Para pengusaha kalau curang itu ya nggak maju, kalau semakin bagus produknya, semakin berkualitas semain bagus pelayanannya semakin tinggi kepuasan konsumen maka usahanya semakin maju," ujar Zulhas saat menghadiri acara puncak perayaan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2024 bertema Konsumen Kritis Cerdas Bertransaksi di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024).

Baca Juga

Zulhas mengatakan, hal itu juga dilakukan pengusaha-pengusaha yang ada di negara dengan jumlah eksportir terbesar. Sebab, kepuasan pelanggan menentukan kesuksesan usaha.

"Jadi kalau pelayanan produknya apa lagi sengaja merugikan konsumen, itu biasanya tidak betahan lama," ujarnya.