Jumat 03 May 2024 10:47 WIB

BI: Inflasi April 2024 Tetap Terjaga 

Kelompok volatile food pada April 2024 mengalami deflasi sebesar 0,31 persen (mtm).

Red: Lida Puspaningtyas
Logo Bank Indonesia.
Foto: Antara
Logo Bank Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bank Indonesia (B) memastikan Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada April 2024 tetap terjaga dalam kisaran sasaran 2,5 plus minus satu persen. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, inflasi IHK April 2024 tercatat sebesar 0,25 persen secara bulanan sehingga secara tahunan menjadi tiga persen. 

“Inflasi yang terjaga merupakan hasil dari konsistensi kebijakan moneter serta eratnya sinergi pengendalian inflasi antara Bank Indonesia dan pemerintah pusat dan daerah dalam Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID),” kata Asisten Gubernur Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (3/5/2024). 

Baca Juga

Dia menjelaskan hal tersebut dilakukan melalui penguatan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah. Ke depan, Erwin memastikan Bank Indonesia meyakini inflasi akan tetap terkendali dalam kisaran sasaran 2,5 plus minus satu persen pada 2024.

Inflasi inti pada April 2024 tercatat sebesar 0,29 persen secara bulanan yang tinggi dari inflasi pada bulan sebelum ya sebesar 0,23 persen. Hal tersebut siiring dengan kenaikan permintaan musiman pada periode Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 2024 serta didorong oleh peningkatan harga komoditas global, khususnya komoditas emas.