Jumat 03 May 2024 18:41 WIB

Gemini Dapat Langsung Diakses dari Address Bar Google Chrome 

Gemini juga telah dapat dinikmati pengguna di Asia dan Eropa.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Google Gemini
Foto: Antara/Google
Google Gemini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google mengganti nama Bard menjadi Gemini pada awal Februari 2024. Bersamaan dengan itu, raksasa teknologi ini juga merilis aplikasi seluler Gemini untuk menggantikan Google Assistant. 

Dilansir Android Police, Jumat (3/5/2024), aplikasi ini awalnya hanya tersedia di Amerika Serikat (AS), namun Google segera memperluas ketersediaannya ke Eropa dan Asia. 

Baca Juga

Masih banyak negara yang tidak menyediakan aplikasi seluler Gemini, kendatipun, termasuk Kanada. Hal itu kini berubah, dengan Google memperluas ketersediaan aplikasi seluler Gemini ke lebih dari 100 negara di seluruh dunia. 

Perluasan ini berarti Anda tidak perlu lagi melakukan sideload aplikasi Gemini di ponsel Android Anda untuk memulai; Anda dapat mengunduhnya langsung dari Google Play Store. Setelah terinstal, ganti Gemini dengan Google Assistant di ponsel Anda untuk mencoba chatbot terbaru yang didukung AI dari perusahaan. 

Ingatlah bahwa pembatasan sebelumnya masih berlaku. Yaitu, aplikasi seluler tidak akan berfungsi untuk pengguna yang mengaktifkan add-on Gemini untuk Workspace, dan Anda tidak dapat mengakses aplikasi Gemini di Android Work Profile. 

Di iPhone, Anda akan mendapatkan akses Gemini langsung melalui aplikasi Google, dan peluncurannya akan dilakukan “dalam beberapa pekan ke depan”.

Google juga memperluas Gemini Extensions ke semua bahasa dan negara tempat chatbot sekarang tersedia. Ini akan memungkinkan Anda menggunakan Extensions untuk mengambil informasi relevan dari layanan Google lainnya seperti Drive, Gmail, YouTube, dan lainnya. 

Selain itu, chatbot Google mendapatan dukungan untuk sembilan bahasa baru, termasuk Jepang dan Korea. Daftar bahasa yang didukung dapat ditemukan di sini. 

Google juga mempermudah akses Gemini dari Chrome di PC Anda. Anda dapat memanggil chatbot dengan mengetik “@gemini” di Omnibox Chrome, diikuti dengan perintah Anda. Menekan enter akan langsung membuka Gemini di web dengan jawaban atas pertanyaan Anda. 

Fitur ini pertama kali terlihat dalam pengujian di Chrome Canary pada pertengahan April. Karena peluncurannya baru saja dimulai, Anda mungkin tidak dapat langsung memanggil Gemini dari address bar Chrome di PC Anda. 

Peningkatan ini terjadi beberapa hari setelah Google mengumumkan integrasi model pembelajaran mesin ke address bar Chrome untuk memberikan saran-saran yang lebih baik. Jika Anda adalah Gemini heavy users, integrasi chatbot ke address bar Chrome akan mempercepat alur kerja Anda.

Ketersediaan aplikasi seluler Gemini yang lebih luas terjadi beberapa hari sebelum Google I/O, di mana perusahaan harus mengumumkan sejumlah fitur baru dan penyempurnaan untuk chatbot AI-nya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement