Kamis 09 May 2024 21:27 WIB

Libur Panjang, Polres Garut Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas di Jalur Wisata

Sejumlah personel dari Satuan Lalu Lintas Polres Garut saat ini sudah disebar

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Objek wisata pantai di Kabupaten Garut, Ahad (16/4/2023).
Foto: Dok Diskominfo Kabupaten Garut
Objek wisata pantai di Kabupaten Garut, Ahad (16/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT----Selama libur panjang Kenaikan Isa Al-Masih dan cuti bersama akhir pekan, sejumlah personel Satuan Lalu Lintas Polres Garut siaga mengamankan arus kendaraan. Terutama, untuk mengantisipasi kepadatan di jalur wisata dan jalan raya Bandung-Garut, Jawa Barat(Jabar) agar bisa memberikan kenyamanan pada masyarakat yang berwisata.

"Untuk gelar pasukan 'long weekend' kita maksimalkan dari Satuan Lalu Lintas maupun dengan polsek jajaran," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi di Garut, Kamis (9/5/2024).

Baca Juga

Aang mengatakan, sejumlah personel dari Satuan Lalu Lintas Polres Garut saat ini sudah disebar untuk pengamanan dan antisipasi kepadatan di jalur provinsi lintas Kadungora-Leles-Tarogong menuju arah Garut Kota, maupun di jalur nasional Limbangan-Malangbong.

Saat ini, kata dia, kondisi arus lalu lintas kendaraan di jalur provinsi maupun nasional masih terpantau belum terjadi kemeriahan, laju kendaraan normal dan lancar dari kedua arah. "Dilaporkan, sampai sekarang belum ada kemeriahan yang berarti di jalur arteri," katanya.

Ia menyampaikan prioritas pengamanan arus kendaraan di musim libur panjang yakni di jalur wisata mulai dari Kadungora sebagai perbatasan wilayah dengan Kabupaten Bandung sampai Tarogong-Garut Kota.

Selain itu, kata dia, pengamanan jalur yang menjadi tujuan wisatawan ke sejumlah objek wisata yang ada di Kabupaten Garut untuk memastikan semuanya dalam kondisi aman dan lancar pada musim libur panjang.

"Untuk titik menjadi prioritas tentunya dalam 'long weekend' ini dari mulai jalur wisata yang paling utama dari mulai Kadungora-Leles, Gobing, Tarogong, jalur nasional Limbangan sampai Malangbong," katanya.

Ia menambahkan kondisi jalan di wilayah Garut memiliki titik rawan kemacetan dan kecelakaan, sehingga pengguna jalan tetap harus hati-hati dan selalu waspada saat melajukan kendaraannya. "Imbauan masyarakat tentunya yang berlibur ke Garut tetap berhati-hati, patuhi peraturan lalu lintas," katanya.

Wilayah Garut merupakan salah satu destinasi wisata di Provinsi Jawa Barat yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah seperti Bandung, Jakarta, dan kota besar lainnya pada musim libur.

Kabupaten Garut memiliki objek wisata alam, maupun wisata buatan seperti pantai di wilayah selatan Garut, air terjun, danau, pegunungan, dan pemandian air panas alami Cipanas Garut, juga wisata kuliner dan wisata desa yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

  • 1 kali
  • 2 kali
  • 3 kali
  • 4 kali
  • Lebih dari 5 kali
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement