Rabu 15 May 2024 11:06 WIB

Muhadjir Ingatkan Sekolah Hati-Hati Sewa Kendaraan, Banyak Bus Hasil Lelang Dicat Ulang

"Sehingga orang melihat itu bus baru. Padahal itu bus yang sudah tidak layak."

Rep: Ronggo Astungkoro, Ali Mansur/ Red: Andri Saubani
Bus Trans Putera Fajar yang mengalami kecelakaan itu sedang membawa rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok
Foto: republika
Bus Trans Putera Fajar yang mengalami kecelakaan itu sedang membawa rombongan pelajar SMK Lingga Kencana Depok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Pembangunana Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta para kepala sekolah untuk harus berhati-hati saat mengajak siswanya pergi beramai-ramai menggunakan kendaraan sewaan. Dia mengaku kaget atas peristiwa kecelakaan yang terjadi pada rombongan SMK Lingga Kencana Depok, yang menyebabkan 11 siswa meninggal dunia.

“Ini memang suatu kecelakaan yang saya kira tidak perlu. Karena itu kepala sekolah harus hati-hati betul ketika mengajak siswanya rame-rame menggunakan kendaraan umum, kendaraan sewaan. Pastikan dulu baik sopirnya maupun kondisi kendaraannya betul-betul memang siap,” ucap Muhadjir di Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Baca Juga

Dia meminta pihak sekolah yang hendak mengajak siswanya pergi beramai-ramai untuk betul-betul memastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi yang layak untuk jalan. Di samping itu, sopir yang akan mengemudikan kendaraan tersebut juga perlu dipastikan pengalamannya dan kepiawaiannya dalam mengemudi.

“Jangan sopir pocoan, sopir yang tidak pernah pengalaman nanjak kemudian harus mengendalikan bus yang sudah tidak layak, tidak punya pengalaman lagi, itu sangat berisiko,” jelas dia.