Kamis 16 May 2024 08:29 WIB

Amalan Dzikir Pendek Pagi yang Disunnahkan Nabi Muhammad untuk Mendapat 100 Kebaikan

Nabi Muhammad menganjurkan Muslim untuk dzikir pagi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Seorang Muslim sedang berdoa (ilustrasi).
Foto: Dok. Freepik
Seorang Muslim sedang berdoa (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA menyebutkan tentang amalan pagi yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu dzikir. Dzikir pagi ini untuk mendapatkan segala kebaikan dan dijauhkan dari berbagai keburukan, termasuk godaan setan, sepanjang hari.

Dengan memulai hari dengan dzikir, seorang Muslim dapat memperoleh perlindungan dan bimbingan Allah SWT, sehingga setiap langkah yang diambilnya dalam sehari penuh berkah dan terhindar dari marabahaya.

Baca Juga

Di bawah ini adalah amalan pagi hari berupa dzikir yang bisa dilakukan, berdasarkan tuntunan dalam hadits Nabi Muhammad SAW. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda:

مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ كَانَتْ لَهُ عَدْلَ عَشْرِ رِقَابٍ وَكُتِبَ لَهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ وَمُحِيَتْ عَنْهُ مِائَةُ سَيِّئَةٍ وَكَانَتْ لَهُ حِرْزًا مِنْ الشَّيْطَانِ يَوْمَهُ ذَلِكَ حَتَّى يُمْسِيَ وَلَمْ يَأْتِ أَحَدٌ بِأَفْضَلَ مِمَّا جَاءَ إِلَّا رَجُلٌ عَمِلَ أَكْثَرَ مِنْهُ