Rabu 22 May 2024 14:01 WIB

Misi Chang’e 6 China Bersiap untuk Mendarat di Sisi Jauh Bulan Pada Awal Juni 

Chang’e 6 saat ini sedang menunggu kondisi-kondisi pencahayaan optimal dan pendaratan

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Chang’e 6 saat ini sedang menunggu kondisi-kondisi pencahayaan optimal dan mencari lokasi pendaratan terbaik di bulan.
Foto: EPA
Chang’e 6 saat ini sedang menunggu kondisi-kondisi pencahayaan optimal dan mencari lokasi pendaratan terbaik di bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Misi pengembalian sampel robotik China Chang’e 6 ke sisi jauh bulan kini mengorbit di sekitar bulan, bersiap untuk upaya pendaratannya. Pesawat luar angkasa multi-komponen ini dijadwalkan mendarat pada awal Juni di cekungan Kutub Selatan-Aitken (SPA). 

Dilansir Space, Rabu (22/5/2024), cekungan Kutub Selatan-Aitken (SPA) adalah sebuah fitur benturan raksasa yang lebarnya sekitar 2.500 kilometer. 

Baca Juga

Chang’e 6 saat ini sedang menunggu kondisi-kondisi pencahayaan optimal di area tersebut dan mencari lokasi-lokasi pendaratan terbaik di dalam atau di sekitar cekungan Apollo, yang merupakan bagian dari lanskap SPA yang lebih besar. 

Chang’e 6 akan menempatkan pendarat/ascender di permukaan bulan dan menjaga pesawat ruang angkasa tetap mengorbit mengelilingi bulan. Dalam waktu 48 jam setelah mendarat, pendarat akan mengulurkan lengan robotik untuk mengambil batu-batuan dan tanah dari permukaan bulan, dan bornya akan mengebor bagian atas bulan. 

Koleksi-koleksi bulan tersebut akan ditempatkan di dalam ascender untuk berangkat dari bulan dan berlabuh dengan pengorbit/kembali di orbit bulan. 

Misi Chang’e 6 kemudian akan memulai perjalanan pulangnya. Setelah kira-kira lima hari penerbangan, kapsul kembali akan memasuki kembali atmosfer bumi dan mendarat di wilayah Siziwang Banner di Mongolia Dalam, China utara. Keseluruhan misi akan berlangsung selama 53 hari, mulai dari peluncurannya pada 3 Mei hingga kembalinya kapsul berisi sampel ke Bumi.

Zona pendaratan 

Sebagai struktur benturan terbesar dan tertua di bulan, cekungan SPA adalah salah satu lokasi dengan prioritas tertinggi untuk eksplorasi bulan di masa depan dan pengembalian sampel bulan. Salah satu kandidat lokasi pendaratan Chang’e 6 adalah “cryptomare”, hamparan endapan vulkanik yang sebagian tersembunyi oleh kawah atau fitur lainnya, di selatan cekungan Apollo, yang disebut Wilayah 1. 

Area tersebut tidak hanya masuk dalam agenda zona pendaratan Change’6: Misi bulan NASA yang potensial, Endurance, dirancang untuk melintasi cekungan melalui pusatnya, dan juga mengembalikan sampel dari area tersebut. 

Sampel-sampel yang dikumpulkan oleh misi-misi ini akan memberikan data kebenaran dasar yang penting untuk menilai sejarah termal awal sisi jauh bulan, dan perbandingannya dengan sampel dari sisi dekat bulan yang dikumpulkan oleh misi Chang’e 5 China dan upaya Apollo berawak NASA juga akan membantu untuk mengungkap penyebab asimetri hemisferis endapan dataran basal luas dan rata di permukaan bulan, kata para ilmuwan. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement