Rabu 22 May 2024 17:48 WIB

Pemkot Batam Perketat Jalur Masuk Pengiriman Hewan Kurban Cegah PMK

Pengetatan pengiriman hewan kurban tetap dilakukan meski tak ada PMK di Batam.

Red: Qommarria Rostanti
Dokter hewan memeriksa kesehatan hewan kurban (ilustrasi). Pemkot Batam memperketat jalur masuk pengiriman hewan kurban.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Dokter hewan memeriksa kesehatan hewan kurban (ilustrasi). Pemkot Batam memperketat jalur masuk pengiriman hewan kurban.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), memperketat jalur masuk pengiriman hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Ini dilakukan sebagai upaya mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dokter Hewan DKPP Kota Batam Samuel Tampubolon mengatakan, pihaknya melakukan kontrol serta berkoordinasi dengan tim karantina hewan untuk memastikan tidak ada kasus PMK. Dia menyampaikan, saat ini di Kota Batam tidak ada kasus PMK.

Baca Juga

"Tapi pengetatan yang harus kita lakukan dan saya tetap arahkan wajib vaksin dan melengkapi dokumen kesehatan terhadap hewan ternak yang dikirimkan, karena PMK bersifat cepat menular," kata Samuel, Rabu (22/5/2024).

Ia menyampaikan upaya tersebut tidak hanya untuk memastikan kesehatan hewan kurban, tetapi juga menjaga daya tarik pembeli sehingga tidak terjadi kerugian bagi pedagang hewan kurban. "Misalnya air liurnya keluar terus, nanti performance-nya menurun, jadi pembeli pasti kurang keinginan untuk membeli," kata dia.

Samuel mengatakan sampai saat ini asal sapi untuk ke Kota Batam pada tahun 2024 berasal dari Lampung Tengah dan Medan. Ia juga memastikan hewan kurban yang berasal dari dua wilayah tersebut telah mendapatkan vaksinasi secara rutin hingga vaksinasi booster.

"Dan di Lampung sudah divaksinasi PMK, juga kita kontrol, harus cek itu, jadi di situ ada uji PMK, uji ELISA NSP, dan uji PCR," katanya. 

Sebelumnya penjualan hewan kurban baik sapi maupun kambing di Kota Batam mulai marak menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Penjual hewan kurban, Rijal di Batam, Sabtu, mengatakan untuk penjualan sapi hingga saat ini sudah mencapai 250 ekor pada H-37 Idul Adha.

"Sebanyak 250 ekor udah dibeli dan stok masih aman. Hewan yang sudah dipesan kami bawa ke kandang di Sembulang untuk proses penggemukan," kata Rijal.

Adapun harga sapi yang dijual berkisar Rp22 juta ke atas dan harga kambing mulai dari Rp 3 juta ke atas. Lebih lanjut ia menjelaskan jenis sapi yang tersedia antara lain Sapi Bali, Peranakan Ongole (PO), Metal, lokal, hingga Limosin.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement