Jumat 24 May 2024 08:49 WIB

Eksklusif: Wawancara dengan Cucu Striker Hindia Belanda di Piala Dunia 1938

Cucu Herman Zomers berharap Timnas Indonesia bisa kembali berlaga di Piala Dunia.

Rep: Stevy Maradona, Lintar Satria/ Red: Fitriyan Zamzami
Herman Zomers (kedua dari kanan) berpose bersama tim Hindia Belanda sebelum berlaga di Piala Dunia 1938 di Prancis.
Foto: Diolah dari foto FIFA
Herman Zomers (kedua dari kanan) berpose bersama tim Hindia Belanda sebelum berlaga di Piala Dunia 1938 di Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, – Federasi Sepak Bola Dunia menetapkan bahwa Indonesia saat masih berupa Hindia Belanda adalah tim Asia pertama yang berlaga di helatan Piala Dunia. Sebentar lagi, Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menjalani pertandingan kualifikasi sebagai ikhtiar untuk ikut serta dalam Piala Dunia 2026. 

Wartawan Republika, Stevy Maradona berhasil melacak keturunan striker Tim Nasional Hindia Belanda, Herman Zomers, yang ikut berlaga di Piala Dunia 1938. “Kalau mereka (Timnas Indonesia) berhasil, saya senang!” kata Renzo Bartman, cucu Herman Zomers tersebut dalam sambungan telepon, Kamis (23/5/2024). Renzo kini tinggal di Breda, Belanda. Kedua orang tuanya lahir di Indonesia. Ia fasih berbahasa Indonesia dan tetap suka makan masakan Indonesia. Sayang memang ia tidak bermain sepakbola, tapi rupa-rupanya ia gemar bermain burung dara! Wawancara dilakukan pagi hari waktu Breda, sesaat ia usai merawat puluhan burung daranya. Berikut petikannya:

Baca Juga

Renzo, kami dengar Anda merupakan cucu dari striker Tim Nasional Hindia Belanda yang bermain di Piala Dunia 1938. Bisa ceritakan kisahnya?

Ya. Saya cucu dari Herman Zomers. Herman Zomers itu ayah dari mama saya. Mama saya bernama Heidi Zomers-Bartman. Waktu saya sekitar umur 10 tahun, kami sedang nonton pertandingan bola, tiba-tiba Mama bilang,