Jumat 24 May 2024 13:54 WIB

Chatbot BRI Sabrina Raih Penghargaan Sebagai Best in Personalization Strategy

Teknologi di Sabrina telah dimaksimalkan dengan Large Languange Model (LLM)

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui Asisten Virtual bernama “Sabrina” menyediakan layanan berbasis digital dengan beragam fitur yang semakin memanjakan nasabahnya.
Foto: BRI
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui Asisten Virtual bernama “Sabrina” menyediakan layanan berbasis digital dengan beragam fitur yang semakin memanjakan nasabahnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Transformasi digital yang tengah dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali mendapatkan apresiasi, yakni melalui chatbot BRI Sabrina yang berhasil menyabet penghargaan untuk kategori Best in Personalization Strategy. Penghargaan yang diberikan dalam acara Mata Lokal Fest yang mengusung tema Local Thriving in the Digital Era, pada Jumat (17/5/2024) di Jakarta.

BRI dianggap sebagai perusahaan terkemuka yang mampu memberikan dampak positif untuk Indonesia. Dalam hal ini, digitalisasi menjadi kesempatan bagi BRI untuk berkembang bersama lokal. Teknologi di Sabrina telah dimaksimalkan dengan Large Languange Model (LLM), di mana chatbot ini mampu merespons berbagai bahasa daerah Indonesia.

Terkait hal ini, Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengatakan, penghargaan ini semakin memacu BRI untuk melakukan inovasi digital. 

“Sabrina akan terus dikembangkan untuk lebih memudahkan nasabah dalam mencari informasi dan transaksi. Chatbot Sabrina yang dirancang dan dikembangkan dengan teknologi artificial intelligence, bisa berinteraksi dengan nasabah termasuk menyapa dan berbincang dengan menggunakan bahasa daerah/lokal,” ujarnya dalam keterangan, Jumat (24/5/2024).

Sebelumnya, Sabrina juga meraih peringkat pertama untuk kategori Performa Terbaik Chatbot Bank, dalam hasil survei Bank Service Excellence Monitor (BSEM) 2024 yang dirilis lembaga riset MRI.

Seperti diketahui, di tengah perkembangan zaman yang semakin berkembang membuat kebutuhan nasabah akan layanan semakin tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan nasabah tersebut perbankan perlu melakukan inovasi terhadap pelayanannya, terutama pada sisi digitalisasi layanan, sehingga dapat nasabah dalam memperoleh informasi terkait layanan suatu perbankan.

Selain dapat berinteraksi dengan menggunakan berbagai macam bahasa dan memberikan informasi perbankan, Sabrina juga dapat membantu nasabah untuk melakukan pengecekan saldo dan mutasi tabungan, melakukan pembuatan dan pengecekan pengaduan, menginformasikan lokasi kantor BRI, lokasi mesin ATM dan merchant terdekat. Cukup dengan Tanya Sabrina melalui Whatsapp pada nomor 0812 1214 017 informasi terkait produk dan promo bank BRI dapat dengan mudah didapat.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement