Kamis 30 May 2024 20:09 WIB

Rekor Gol Ronaldo di Fase Gugur Eropa Dipecahkan Ayoub El Kaabi

Ayoub El Kaabi mencetak gol kemenangan pada menit ke-116.

Rep: Afrizal Rozhikul Ilmi/ Red: Muhammad Hafil
Ayoub El Kaabi (tengah) dari Olympiakos mencetak gol pada pertandingan sepak bola final Liga Konferensi Europa (Europa Conference League) antara Olympiakos dan Fiorentina di Piraeus, Yunani, Kamis (30/5/2024) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/VITSARAS GEORGE
Ayoub El Kaabi (tengah) dari Olympiakos mencetak gol pada pertandingan sepak bola final Liga Konferensi Europa (Europa Conference League) antara Olympiakos dan Fiorentina di Piraeus, Yunani, Kamis (30/5/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Salah satu rekor skor di fase gugur kompetisi Eropa milik Cristiano Ronaldo dihapuskan pada saat Olympiakos mengamankan kejayaan Liga Konferensi Europa. Itu terjadi saat Ayoub El Kaabi mencetak gol kemenangan bagi Olympiakos yang menjadi golnya yang ke-11 di babak sistem gugur. 

Mantan pemain Real Madrid, yang mengklaim empat gelar Liga Champions selama berada di Los Blancos, memegang sejumlah rekor Eropa. Salah satunya adalah menjadi pencetak gol terbanyak di babak sistem gugur kompetisi Eropa, mencetak 10 gol dalam kesuksesan mereka di musim 2016/2017.

Baca Juga

Itu adalah rekor yang juga dipegangnya bersama Karim Benzema, yang mencapainya dalam perjalanan menuju kesuksesan Real di Liga Champions pada tahun 2022, dan Radamel Falcao yang menikmati tahun yang produktif bersama Porto ketika mereka menjuarai Liga Europa pada tahun 2011.

Kini ketiga pemain tersebut telah dikalahkan oleh Ayoub El Kaabi, yang mencetak gol kemenangan pada menit ke-116 untuk membantu Olympiakos mengalahkan Fiorentina dan mengklaim trofi Eropa pertama mereka. Dengan melakukan itu, dia mencetak gol yang ke-11 di babak sistem gugur

Pemain internasional Maroko telah menikmati turnamen luar biasa secara individu. Dia mencetak hat-trick melawan Aston Villa di leg pertama semifinal dan kemudian mendukung treble Villa Park-nya dengan mencetak dua gol di leg kedua.

Perlu dicatat bahwa Liga Konferensi Europa memiliki babak sistem gugur yang lebih banyak dibandingkan Liga Champions - yang berarti El Kaabi menjalani sembilan pertandingan sementara Ronaldo hanya menjalani tujuh pertandingan.

Ronaldo, meski mengakhiri karirnya di Eropa, memiliki penampilan kompetisi klub UEFA terbanyak dengan 197 gol dan gol terbanyak di Liga Champions, dengan mencetak 140 gol. Bintang Portugal ini terus memberikan pengaruh tetapi tidak memiliki rencana untuk kembali ke Eropa.

Dia telah mengatakan sebelumnya: "Saya 100% yakin saya tidak akan kembali ke klub Eropa mana pun. Saya berusia 38 tahun. Sepak bola Eropa telah kehilangan banyak kualitas. Satu-satunya yang valid dan masih bagus adalah (Bahasa Inggris) Liga Premier. Mereka jauh di depan semua liga lainnya," kata Ronaldo. 

Ronaldo mencetak dua gol dalam pertandingan Liga Pro Saudi baru-baru ini melawan Al-Ittihad, memberikan penyerang veteran itu golnya yang ke-34 dan ke-35 musim ini. Artinya, Ronaldo kini memegang rekor jumlah gol terbanyak dalam satu kampanye Liga Pro Saudi.

Namun meski meraih penghargaan pribadi, produktifitas mencetak gol Ronaldo tidak mampu menyelamatkan harapan Al-Nassr untuk memenangkan liga. Mereka dikalahkan oleh Al-Hilal.

 

 

 

 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement