Selasa 04 Jun 2024 17:01 WIB

Wapres Ma'ruf Ikut Bicara IKN, Ini Prediksinya Soal Kepala Otorita Definitif

Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe mundur sebagai kepala dan wakil kepala IKN.

Red: Mas Alamil Huda
Presiden Jokowi saat meninjau progres pembangunan istana dan kantor presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (21/12/2023).
Foto: Dok. Kris - Biro Pers
Presiden Jokowi saat meninjau progres pembangunan istana dan kantor presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (21/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kepala dan wakil kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini masih 'dipegang' oleh pelaksana tugas (plt) pascamundurnya Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe. Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mengatakan, penunjukan kepala dan wakil kepala Otorita OIKN definitif mungkin saja ditentukan oleh presiden berikutnya, yakni Prabowo Subianto.

"Bisa saja bahwa yang akan menunjuk presiden baru nanti tetapi yang jelas memang belum ada pembicaraan yang sekarang ini, apakah sebelum presiden baru sudah tunjuk atau mungkin saja penunjukan itu pada saat sudah presiden baru," kata Wapres memberi keterangan pers setelah meninjau Kawasan Perkebunan Tebu Sermayam di Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Selasa (4/6/2024).

Baca Juga

Wapres mengaku bahwa hingga saat ini memang belum ada pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal penunjukan kepala dan wakil kepala OIKN definitif.

"Belum ada pembicaraan untuk kemudian nanti akan digantinya siapa, tetapi sementara ini kan Presiden sudah menunjuk Pak Basuki (Menteri PUPR) dan Wakil Menteri ATR (Raja Juli Antoni) untuk menangani (IKN)," kata Wapres.

Sementara itu, soal alasan pengunduran diri kepala dan wakil kepala OIKN, Wapres mengaku juga tidak mengetahuinya. Menurutnya, pengunduran diri merupakan hal yang biasa.

"Saya tidak tahu ya alasannya kenapa itu, Pak Pratikno (Menteri Sekretaris Negara) tidak menjelaskan. Saya kira biasa dalam proses kita pembangunan itu kan ada yang mundur dan ada yang kemudian diganti," katanya.

Mensesneg Pratikno mengumumkan pengunduran diri Kepala OIKN Bambang Susantono dan Wakil OIKN Dhony Rahajoe di Istana Kepresidenan Jakarta (3/6). Menindaklanjuti hal itu, telah terbit keputusan presiden (keppres) yang mengangkat Basuki Hadimuljono sebagai plt kepala OIKN dan Raja Juli Antoni sebagai plt wakil kepala OIKN.

Presiden meminta Basuki dan Raja Juli menjamin percepatan pembangunan dengan sebaik-baiknya, sesuai visi pada rencana Nusa Rimba Raya dan memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement