Selasa 18 Jan 2022 16:11 WIB

Hasil IBL Tokopedia 2022 Seri 1 Jakarta: Dewa United Atasi Satya Wacana

Dewa United meraih game kedua di IBL Seri 1, mengalahkan Satya Wacana Salatiga 66-64.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Shooting guard Dewa United Xaverius Prawiro (kedua kiri) saat bertanding di IBL Seri 1 Jakarta melawan Satya Wacana Salatiga.
Foto: DOK IBL
Shooting guard Dewa United Xaverius Prawiro (kedua kiri) saat bertanding di IBL Seri 1 Jakarta melawan Satya Wacana Salatiga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah tembakan tiga angka yang dilesakkan Alexander Franklyn bersamaan dengan bunyi peluit akhir laga tak mampu menyelamatkan Satya Wacana Salatiga dari kekalahan melawan Dewa United Surabaya. Tambahan tiga angka itu hanya memangkas jarak menjadi 64-66 untuk keunggulan Dewa United dalam laga pertama hari keempat Seri 1 IBL Tokopedia 2022 di di Gedung Basket Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Hasil ini membuat Dewa United mencetak dua kemenangan dari dua pertandingan. Sebaliknya Satya Wacana dua kali kalah dari dua laga yang telah dimainkannya.

Baca Juga

Satya Wacana yang baru bisa memainkan satu pemain asingnya di luar dugaan memberikan perlawanan. Setelah sempat sekali membalikkan keadaan di kuarter tiga, sayangnya Satya Wacana tak dapat memaksimalkan momentum di kuarter empat.

Sempat tertinggal 0-4, Satya Wacana mampu mengimbangi Dewa United di akhir kuarter satu 11-11. Dua menit kuarter dua Satya Wacana belum mencetak angka 11-19. Dewa United menutup kuarter dua dengan unggul 33-24.

Satya Wacana memulai kuater tiga dengan mencetak 4 angka melalui Robinson 28-33. Kuarter tiga tersisa 03.29 Irwanto menyamakan kedudukan 39-39. Tersisa 01.54 menit Satya Wacana unggul pertama kalinya 41-40 melalui lay up Robinson. Akhir kuarter tiga, Dewa United masih memimpin 46-44..

Kevin Moses membuka kuarter empat dengan dua free throw 48-44. Dewa United terus memimpin di kuarter terakhir ini. Tripoin Franklyn bertepatan dengam buzzer beater menyudahi laga 66-64 untuk keunggulan Dewa United. 

Kaleb Ramot Gemilang kembali tampil gemilang dengan torehan 16 poin dan 5 assist. Xaverius menyumbang 14 poin, Dishon Lurell Lowery 13 angka 9 rebound dan Kevin Moses 11 poin. Di kubu Satya Wacana, Alexander Franklyn menjadi top skor dengan 23 poin. Pemain asingnya Tyree Jamal Robinson nyaris membuat tiple double dengan torehan 19 poin, 14 rebound dan 9 blok.

Pemain Satya Wacana Randy Ardy Prasetya mengatakan kalau timnya sudah sudah berjuang mati-matian. "Tadi kami sudah mati-matian walau lawan unggul dalam jumlah pemain asing," kata dia. 

Pelatih Kepala Satya Wacana Jeri Lolowang menyatakan, walau bermaterikan pemain muda dan bukan unggulan, para pemainnya mampu menunjukkan kemampuannya untuk bersaing. "Pemain sangat percaya diri, hasilnya saja yang tidak sesuai harapan. Permainan hari ini ada peningkatan dibanding gim satu. Walau di pertahanan masih agak kurang komunikasi," kata dia.

Pelatih kepala Dewa United Andhika "Bedu" Saputra usai laga menyatakan, kemenangan ini hasil kerja keras para pemainnya sejak awal hingga terakhir. "Tidak ada game yang mudah di IBL 2022 ini. Kemenangan ini penting, karena ke depan kami tidak akan tahu apa yang akan terjadi," kata dia.

Pemain senior Dewa United Xaverius Prawiro mengatakan, laga kontra Satya Wacana selalu seru, tapi mereka menikmatinya. Xaverius yang melakukan comeback kedua setelah sempat memutuskan pensiun, mengaku tak begitu banyak kesulitan untuk beradaptasi kembali.

"Bedanya dengan comeback pertama, tim sekarang lebih merata, main lebih fisikal. Namun tak ada perbedaan yang benar-benar signifikan. Saya berharap masih bisa bersaing dengan para pemain yang lebih muda," kata Xaverius.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَقَدْ صَدَقَكُمُ اللّٰهُ وَعْدَهٗٓ اِذْ تَحُسُّوْنَهُمْ بِاِذْنِهٖ ۚ حَتّٰىٓ اِذَا فَشِلْتُمْ وَتَنَازَعْتُمْ فِى الْاَمْرِ وَعَصَيْتُمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَآ اَرٰىكُمْ مَّا تُحِبُّوْنَ ۗ مِنْكُمْ مَّنْ يُّرِيْدُ الدُّنْيَا وَمِنْكُمْ مَّنْ يُّرِيْدُ الْاٰخِرَةَ ۚ ثُمَّ صَرَفَكُمْ عَنْهُمْ لِيَبْتَلِيَكُمْ ۚ وَلَقَدْ عَفَا عَنْكُمْ ۗ وَاللّٰهُ ذُوْ فَضْلٍ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ
Dan sungguh, Allah telah memenuhi janji-Nya kepadamu, ketika kamu membunuh mereka dengan izin-Nya sampai pada saat kamu lemah dan berselisih dalam urusan itu dan mengabaikan perintah Rasul setelah Allah memperlihatkan kepadamu apa yang kamu sukai. Di antara kamu ada orang yang menghendaki dunia dan di antara kamu ada (pula) orang yang menghendaki akhirat. Kemudian Allah memalingkan kamu dari mereka untuk mengujimu, tetapi Dia benar-benar telah memaafkan kamu. Dan Allah mempunyai karunia (yang diberikan) kepada orang-orang mukmin.

(QS. Ali 'Imran ayat 152)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement