Jumat 07 Jun 2024 18:16 WIB

Shayne Pattynama Akui Timnas Indonesia Seharusnya Cetak Banyak Gol ke Gawang Irak

Shayne berjanji timnas Indonesia bekerja lebih keras untuk mengalahkan Filipina.

Red: Israr Itah
Pesepak bola Timnas Indonesia Shayne Pattynama (kiri) mengeluhkan keputusan Rafael Struick yang tak memberinya bola, padahal dalam posisi tak terjaga di kotak penalti Irak.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pesepak bola Timnas Indonesia Shayne Pattynama (kiri) mengeluhkan keputusan Rafael Struick yang tak memberinya bola, padahal dalam posisi tak terjaga di kotak penalti Irak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bek kiri timnas Indonesia Shayne Pattynama mengatakan ia dan rekan-rekannya seharusnya bisa mencetak banyak gol ke gawang Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (6/6/2024). Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia tersebut berakhir dengan kemenangan Irak 2-0 atas Indonesia.

Pada laga itu, Shayne mengatakan tim Garuda bermain lebih baik, terutama pada babak pertama. Sepanjang babak pertama, Indonesia melepaskan enam tembakan, yang cuma satu berhasil tepat sasaran. Sementara Irak cuma membuat dua percobaan yang tak satu pun mengarah ke gawang.

Baca Juga

Namun, justru Irak mencuri dua gol berkat penalti Aymen Hussein (54') dan Ali Jasim (88') pada babak kedua. Indonesia semakin kesulitan untuk bangkit saat kapten Jordi Amat mendapatkan kartu merah sejak menit ke-59.

Dua gol itu berawal dari kesalahan individu dua pemain Indonesia. Pertama Justin Hubner yang menyentuh bola dengan tangan di kotak penalti. Kemudian kiper Ernando Ari yang terlalu lama menahan bola di kotak penalti sehingga bolanya direbut oleh Ali Jasim.

"Menurut saya kami bermain sangat baik. Ada perbedaan besar dari pertemuan pertama ketika kalah 5-1 dan sekarang jika Anda melihat pertandingan tadi betapa bagusnya kami di babak pertama. Kami seharusnya bisa mencetak banyak gol," kata Shayne setelah laga.

"Tapi, sayangnya kami tidak bisa mencetak gol. Lalu mereka mencetak gol penalti, lalu kita kena kartu merah. Jadi ini sangat sulit bagi kami," tambahnya.

Bek 25 tahun itu menambahkan "Sejujurnya jika kita tidak melihat hasil akhirnya, dan melihat bagaimana kita bermain, kami bermain bagus".

Namun, menuju ke putaran ketiga ia menegaskan timnya akan bekerja keras dan terus berjuang di latihan untuk mencetak gol pada laga pamungkas. Indonesia wajib mengalahkan Filipina di SUGBK pada Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 WIB, agar tak bergantung pada hasil laga Irak vs Vietnam.

"Jadi kami harus memperbaikinya, bekerja keras, dan terus berjuang, maka gol itu akan datang. Kami akan bangkit dan memastikan lolos ke babak selanjutnya," kata dia mengakhiri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement