Senin 10 Jun 2024 07:49 WIB

LIB Terapkan Format Baru Liga 1 2024/2025, Isinya Jadi Enam Klub

Perubahan yang cukup menonjol ada pada skema di babak Championship Series yang akan diisi enam tim. Sebelumnya hanya 4 tim.

Rep: udang bago/ Red: Partner
.
Foto: network /udang bago
.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (Dirut PT LIB), Ferry Paulus. (Dok. Republika) 
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (Dirut PT LIB), Ferry Paulus. (Dok. Republika)

MATAPANTURA.REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Babak final Championship Series Liga 1 2023/2024, telah berakhir belum lama ini, Persib 'Maung' Bandung berhasil menjadi juara dalam kompetisi sepak bola nasinal setelah mengandaskan Madura United dengan agregat skor 6-1.

Sementara itu, dalam rangka menyambut kopetisi musim berikutnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) 2024/2025, telah mengusung format baru. Pada helaran Championship Series kali ini, akan digelar dengan skema 6 klub..

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (Dirut PT LIB), Ferry Paulus mengatakan, jumlah klub yang akan bertarung di ajang ini lebih banyak dari kompetisi musim sebelumnya 2023/2024. "PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menerapkan format baru untuk Liga 1 untuk musim 2024/2025 sebanyak enam klub. Di babak Championship Series sebelumnya hanya terdiri dari tim," katanya kepada media.

Pesepak bola Persib Bandung dan ofisial tim mengangkat piala usai menjadi juara BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jawa Timur, Jumat (31/5/2024). (Dok. Republika)
Pesepak bola Persib Bandung dan ofisial tim mengangkat piala usai menjadi juara BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bangkalan, Bangkalan, Jawa Timur, Jumat (31/5/2024). (Dok. Republika)

Untuk itu, maka akan ada pertandingan playoff yang dimainkan di Liga 1 2024/2025. Kemudian untuk babak final hanya akan memainkan satu pertandingan atau satu leg.

Bukan itu saja, kata dia, teknologi Video Assistant Referee (VAR) juga akan diterapkan dalam kompetisi Liga 1 musim depan. Sebelumnya, VAR sudah digunakan secara uji coba pada Championship Series Liga 1 2023/2024.

Uji coba VAR tersebut dinilai berhasil. Oleh karena itu PT LIB memutuskan untuk meneruskan penggunaan VAR tersebut. Jadi, musim depan VAR akan dipakai pada babak Regular Series hingga Championship Series Liga 1.

Untuk diketahui, masing-masing tim akan memainkan 34 pertandingan pada Liga 1 2024/2025 dengan total 18 tim yang akan berlaga.

Dengan demikian, para pecinta sepakbola Tanah Air akan mendapatkan suguhan menarik total 313 pertandingan musim depan.

Bagan Championship Series Liga 1 2024/2025:

1. Laga playoff (Satu leg)

Playoff 1: Ranking 4 vs Ranking 5

Playoff 2: Ranking 3 vs Ranking 6

2. Laga semifinal (Dua leg)

Semifinal 1: Pemenang playoff 1 vs Ranking 1

Semifinal 2: Pemenang playoff 2 vs Ranking 2

3. Grand final (Satu leg)

Pemenang semifinal 1 vs semifinal 2. n Agus Yulianto

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Terkait
Yuk Ngaji Hari Ini
سَيَقُوْلُ الْمُخَلَّفُوْنَ اِذَا انْطَلَقْتُمْ اِلٰى مَغَانِمَ لِتَأْخُذُوْهَا ذَرُوْنَا نَتَّبِعْكُمْ ۚ يُرِيْدُوْنَ اَنْ يُّبَدِّلُوْا كَلٰمَ اللّٰهِ ۗ قُلْ لَّنْ تَتَّبِعُوْنَا كَذٰلِكُمْ قَالَ اللّٰهُ مِنْ قَبْلُ ۖفَسَيَقُوْلُوْنَ بَلْ تَحْسُدُوْنَنَا ۗ بَلْ كَانُوْا لَا يَفْقَهُوْنَ اِلَّا قَلِيْلًا
Apabila kamu berangkat untuk mengambil barang rampasan, orang-orang Badui yang tertinggal itu akan berkata, “Biarkanlah kami mengikuti kamu.” Mereka hendak mengubah janji Allah. Katakanlah, “Kamu sekali-kali tidak (boleh) mengikuti kami. Demikianlah yang telah ditetapkan Allah sejak semula.” Maka mereka akan berkata, “Sebenarnya kamu dengki kepada kami.” Padahal mereka tidak mengerti melainkan sedikit sekali.

(QS. Al-Fath ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement