Senin 10 Jun 2024 10:38 WIB

Prabowo Terbang ke Yordania Bawa Misi Penting untuk Gaza, Palestina

Penyelesaian konflik di Gaza harus dengan gencatan senjata dan negosiasi.

Red: Mas Alamil Huda
Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto. Prabowo terbang ke Yordania untuk misi gencatan senjata di Gaza, Palestina.
Foto:

Prabowo Subianto mengaku telah berdiskusi mantan gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengenai wacananya untuk mengevakuasi 1.000 warga Palestina. Menurut dia, Khofifah telah setuju dengan wacananya tersebut.

Menurut Prabowo, Indonesia terus tegas pada pendiriannya sebagai negara yang mendukung kemerdekaan Palestina. Karena itu, pihaknya akan mendukung semua usaha ke arah gencatan senjata di Gaza, Palestina. Dengan gencatan senjata, rakyat Palestina tak akan lagi menghadapi bencana kemanusiaan yang luar biasa.

"Presiden Pak Jokowi telah mengintruksikan saya, untuk Indonesia siap mengirim pasukan perdamaian dalam jumlah kekuatan yang signifikan, dan juga kami siap segera mengirim tenaga rumah sakit lapangan untuk beroperasi di daerah Gaza," kata dia di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024).

Untuk melaksanakan tugas itu, Pemerintah Indonesia akan bekerja sama dengan Uni Emirat Arab (UEA). Bahkan, Prabowo juga siap untuk mengevakuasi 1.000 warga Palestina yang terluka untuk dirawat di rumah sakit di Indonesia.