Kamis 13 Jun 2024 13:10 WIB

Seberapa Banyak Olahraga yang Dibutuhkan Setiap Minggu untuk Mengendalikan Tekanan Darah?

Pempertahankan aktivitas fisik selama masa dewasa muda pada tingkat yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan sebelumnya mungkin sangat pentingquot untuk mencegah hipertensi.

Rep: Impresi Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Impresi Republika
.

pixabay
pixabay

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jika Anda ingin melindungi diri dari tekanan darah tinggi seiring bertambahnya usia, Anda perlu melakukannya dalam jangka panjang dan menjaga tingkat olahraga hingga usia paruh baya.

Namun, faktor sosial dapat membuat hal ini lebih sulit dilakukan bagi sebagian orang daripada yang lain, menurut sebuah studi yang melibatkan lebih dari 5.000 orang di 4 kota AS.

"Remaja dan mereka yang berusia awal 20-an mungkin aktif secara fisik, tetapi pola ini berubah seiring bertambahnya usia," penulis studi dan ahli epidemiologi Kirsten Bibbins-Domingo dari University of California, San Francisco (UCSF) menjelaskan pada April 2021, saat studi tersebut diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga menurunkan tekanan darah, tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa "mempertahankan aktivitas fisik selama masa dewasa muda – pada tingkat yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan sebelumnya – mungkin sangat penting" untuk mencegah hipertensi," kata Bibbins-Domingo.

Hipertensi, juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi, adalah kondisi serius yang memengaruhi miliaran orang di seluruh dunia.