Jumat 14 Jun 2024 06:18 WIB

AHY Berantas Calo Tanah Lewat Percepatan Layanan Sertifikat

AHY mendorong program semacam LaserJet diterapkan di daerah lain.

Rep: Teguh/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri ATR/BPN Agus Harimurthi Yudhoyono meninjau pelayanan LaserJet untuk sertifikat rumah di Badung, Bali, Kamis (13/6/2024).
Foto: Kementerian ATR/BPN
Menteri ATR/BPN Agus Harimurthi Yudhoyono meninjau pelayanan LaserJet untuk sertifikat rumah di Badung, Bali, Kamis (13/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,  BADUNG -- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurthi Yudhoyono mendorong inovasi percepatan layanan bebas calo dalam kepengurusan surat-surat tanah.

Hal itu diungkapkan Agus saat melakukan peninjauan program LaserJet di Perumahan Raya Kampial, Desa Benua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Kamis (13/6/2024). 

Baca Juga

"Program-program semacam ini inovasi LaserJet ini saya dorong untuk digalakkan Dan yang paling penting adalah sosialisasinya karena yang menjadikan program ini berhasil Kalau semakin banyak masyarakat yang mengetahui bahwa ada layanan ini," ujarnya. 

LaserJet merupakan program Layanan Sertifikat Jemput di Tempat. Program ini menjadi salah satu keunggulan dari BPN Kota Badung, Bali. Lewat program tersebut, masyakarat bisa mengurus akte kepemilikan tanah tanpa harus ke kantor BPN.  Sebuah mobil dengan sistem pencetakan elektronik siap membantu warga.