Ahad 16 Jun 2024 17:28 WIB

Shalat Idul Adha Besok, BMKG Prakirakan Semua Wilayah di Jabar Cerah

Potensi hujan ringan akan terjadi pada sore dan malam hari di sebagian wilayah Jabar

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
Foto udara umat Islam menunaikan Shalat Idul Adha 1445 H di
Foto: ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Foto udara umat Islam menunaikan Shalat Idul Adha 1445 H di

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung, memprakirakan cuaca di wilayah Jawa Barat pada 17 Juni 2024 atau bertepatan dengan saat shalat Idul Adha 1445 Hijriah diprakirakan cerah berawan.

“Pada umumnya cuaca di wilayah Jawa Barat bertepatan pada shalat Idul Adha pada pagi hari cerah hingga berawan,” ujar Staf Data dan Informasi Stasiun Geofisika BMKG Bandung Yuni Yulianti di Bandung, Ahad (16/6/2024).

Baca Juga

Adapun cuaca di berbagai masjid besar di wilayah Jabar saat shalat Idul Adha diprakirakan cerah berawan pada suhu udara 20,4 hingga 28 derajat Celcius dan kecepatan angin 10 kilometer per jam.

Yuni menjelaskan pantauan prospek cuaca pada siang hari masih tetap cerah berawan. Sedangkan potensi hujan ringan akan terjadi pada sore hingga malam hari di sebagian wilayah di Jabar. “Di Bandung bagian barat dan selatan ada potensi hujan ringan dalam skala lokal pada sore hari,” katanya.

Selain itu, dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca buruk pada masa peralihan dari musim hujan ke kemarau (pancaroba) karena dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin, serta dampak kerusakan lainnya.

“Saat ini sudah memasuki musim pancaroba. Namun hujan skala lokal dengan intensitas ringan hingga lebat masih berpotensi di beberapa wilayah dengan skala lokal terutama di siang hari menjelang sore hari,” katanya. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tetap waspada terhadap kemungkinan potensi cuaca ekstrem saat perubahan cuaca yang dapat terjadi saat musim pancaroba pada bulan Juni 2024.

“Bagi yang sedang beraktivitas di luar ruangan apabila terjadi cuaca buruk seperti hujan lebat maupun panas yang terik diharapkan untuk berlindung ditempat yang aman,” kata Yuni.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement