Kamis 20 Jun 2024 15:42 WIB

Digadang Jadi Cagub DKI Jakarta, Golkar: Survei Ridwan Kamil Tinggi di Jabar

Golkar masih menunggu hasil survei kedua dari Ridwan Kamil.

Rep: Bayu Adji P / Red: Teguh Firmansyah
Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Golongan Karya (Golkar) masih belum menentukan nasib Ridwan Kamil ke depannya. Nama mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu masih belum jelas akan menjadi calon gubernur (cagub) DKI Jakarta atau tetap di daerah asalnya. 

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jabar Ace Hasan Syadzily mengatakan, partainya telah memiliki mekanisme internal dalam menentukan calon kepala daerah. Untuk menentukan calon di DKI Jakarta dan Jabar, Partai Golkar masih melakukan kajian melalui mekanisme survei secara internal. 

Baca Juga

"Tentu yang harus dilihat adalah soal elektabilitas calon kepala daerah yang akan diusung oleh Golkar. Ketum (Airlangga Hartarto) menyampaikan bahwa khusus untuk Jabar dan DKI nanti kebijakannya akan ditentukan pada Juli," kata dia saat dikonfirmasi Republika, Kamis (20/6/2024).

Menurut Ace, pihaknya masih akan menunggu hasil survei kedua atas Ridwan Kamil, baik di DKI Jakarta atau di Jabar. Baru setelah itu, Partai Golkar akan memutuskan nasib Ridwan Kamil. 

Ia mengungkapkan, berdasarkan hasil survei internal yang sudah dilakukan, elektabilitas Ridwan Kamil masih sangat tinggi di Jabar. Bahkan, elektabilitas pejawat gubernur itu lebih di atas 71 persen di Jabar. 

"Tingkat keinginan masyarakat untuk memilih Kang Emil itu lebih dari 71 persen. Karena itu, kami tidak boleh mengingkari apa yang menjadi keinginan masyarakat Jabar," ujar dia.

Sementara itu, Partai Golkar masih belum memiliki peta politik yang komperhensif apabila mengusung Ridwan Kamil menjadi cagub DKI Jakarta. Apalagi, Anies Baswedan baru menyatakan bersedia maju kembali menjadi cagub DKI Jakarta belakangan.

"Kita lihat dinamikanya. Semua tentu akan dipertimbangkan oleh Golkar dalam menentukan kebijakan strategis untuk kepentingan rakyat, baik di DKI Jakarta maupun Jabar," kata dia.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement