Jumat 21 Jun 2024 18:45 WIB

 Lingkungan dan Kualitas Hidup: Jadwal Sholat 21 Juni 2024, di Banda Aceh

Alquran menegaskan sholat dalam kehidupan seorang Muslim.

Red: Muhammad Hafil
Peserta santri mengikuti lomba tahfidz atau menghafal ayat suci Al Quran pada kegiatan Pekan Anak Saleh Aceh Ramadhan Festival di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Ahad (31/3/2024).
Foto: ANTARA FOTO/Ampelsa
Peserta santri mengikuti lomba tahfidz atau menghafal ayat suci Al Quran pada kegiatan Pekan Anak Saleh Aceh Ramadhan Festival di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Ahad (31/3/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Lingkungan memiliki peran penting dalam pembentukan kualitas kehidupan manusia. Setiap hari kita mendapati diri kita dihadapkan pada berbagai tantangan yang berasal dari lingkungan sekitar. Dari kualitas udara yang kita hirup hingga interaksi sosial yang kita alami, semuanya berpengaruh pada kesejahteraan fisik dan mental kita. Dalam artikel ini, kita akan menggali pengaruh lingkungan terhadap kualitas kehidupan, sekaligus menyisipkan jadwal sholat untuk hari ini di Banda Aceh sebagai pengingat pentingnya menjaga keseimbangan spiritual.

Sejak zaman dahulu, manusia selalu berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Di era modern ini, pentingnya menjaga lingkungan masih sangat relevan. Kualitas udara yang baik, akses terhadap air bersih, dan kawasan hijau yang memadai adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita. Kehidupan di kota besar tentu berbeda dengan kehidupan di pedesaan, namun pada intinya, interaksi antara manusia dan lingkungannya menunjukkan tingkat kesejahteraan yang dapat dirasakan oleh individu maupun komunitas.

Tak hanya fisik, aspek mental juga dipengaruhi oleh lingkungan. Contohnya, studi menunjukkan bahwa tinggal di area dengan tingkat kebisingan rendah dapat menurunkan risiko gangguan kesehatan mental. Selain itu, ruang terbuka hijau terbukti membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan mood, dan memberikan perasaan bahagia. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan agar kualitas hidup kita lebih baik.

Di sisi lain, kehidupan manusia juga sangat dipengaruhi oleh aspek spiritual. Bagi umat Muslim, menjalankan sholat lima waktu adalah salah satu cara menjaga keseimbangan spiritual sekaligus mengingatkan pentingnya waktu dalam kehidupan. Jadwal sholat untuk hari ini, 21 Juni 2024, di Banda Aceh adalah sebagai berikut:

- Shubuh: 05:04 WIB

- Dhuhur: 12:44 WIB

- Ashar: 16:11 WIB

- Maghrib: 18:57 WIB

- Isya: 20:12 WIB

Sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran, “Sesungguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman” (QS. An-Nisa: 103). Ayat ini menegaskan pentingnya sholat dalam kehidupan seorang Muslim serta bagaimana waktu sholat diatur dengan ketat. Sholat tidak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi dengan Tuhan, tetapi juga membantu manusia untuk memiliki ritme hidup yang lebih teratur.

Keseimbangan antara aspek fisik, mental, dan spiritual merupakan kunci utama dalam menciptakan kualitas kehidupan yang baik. Sebagai penutup, mari kita lebih peduli terhadap lingkungan tempat kita tinggal dan menjalani kehidupan yang seimbang. Semoga dengan menjaga lingkungan, kesehatan dan kualitas kehidupan kita akan semakin meningkat.

*Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi oleh Redaksi*

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement