Jumat 28 Jun 2024 09:37 WIB

Liga Esports Nasional 2024 Berhadiah Rp 3,2 Miliar, Gelar Ekshibisi Game Lokal

Liga Esports Nasional 202

Red: Israr Itah
Peluncuran Liga Esports Nasional 2024.
Foto: REPUBLIKA/Fitriyanto
Peluncuran Liga Esports Nasional 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) resmi membuka Liga Esports Nasional 2024 sebagai komitmen mengembangkan, menemukan, memperkuat kompetensi esport di Indonesia. Tahun ini kembali akan menampilkan Mobile Legends Bang Bang sebagai game yang dipertandingkan, dengan total hadiah sebesar Rp 3,2 miliar.

Wakil Bendara Umum PB ESI Ashadi Ang mengatakan bahwa Liga Esports Nasional merupakan bagian dari strategi untuk meningkatkan kompetensi atlet dan pelatih nasional.

Baca Juga

"Kita membuka kesempatan seluas-luasnya kepada atlet esport amatir termasuk juga para talenta ekosistem esports, mulai dari influencer, hingga esport cosplayer, untuk ekslplorasi bakat dan kemampuannya selaras dengan komitmen PB ESI untuk menjadikan esport olahraga inklusif," kata Ashadi dalam konferensi pers di Kantor PB ESI, Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Liga Esports Nasional 2023 yang dihelat secara berjenjang dari Liga 3, Liga 2, dan Liga 1 mencatatkan data menarik. Liga 3 Esports Nasional 2023 diikuti sebanyak 126.010 orang dan 25.202 tim. Sebanyak 19.545 masyarakat menyaksikan Liga 1 Esports Nasional 2023, dan lebih dari 1,3 juta penonton menonton melalui saluran YouTube.

Catatan itu mendapatkan apresiasi dari Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Krisna Bayu. "Sebanyak 280 juta jiwa generasi mudanya sangat berpotensi di dalam esport. Liga Esports Nasional kedua ini wadah yang baik memajukan Indonesia," ujar Krisna.

Hal senada juga disampaikan Wakil Kepala Bidang I Pembinaan Prestasi Komite Olahraga Nasional Indonesi (KONI) Pusat Puang Syamsudin yang melihat perkembangan esport di Tanah Air begitu cepat hingga mampu mengharumkan bangsa.

"Kami KONI Pusat merasa bangga esport menjadi favorit kalangan muda, generasi gen z, diiringi dengan beberapa edukasi dan dinamika. Kita tahu esport sudah di SEA Games oleh karena itu kami KONI Pusat akan support terus masa depan bangsa, bisa membanggakan kita," kata Puang.

Garudaku adalah platform resmi yang digunakan PB ESI. Chief Operating Officer Garudaku Ricky Setiawan mengungkapkan, Liga Esports Nasional masih mengusung konsep yang sama seperti tahun sebelumnya, yakni terbuka, tersebar dan tertata.

Tahun ini, Garudaku berharap bisa menarik lebih banyak partisipasi dari berbagai kalangan, mulai dari amatir hingga profesional. Ada dua game lokal yang masuk dalam kategori game ekshibisi yang berbeda dengan edisi sebelumnya, yaitu Battle of Guardians dan Wardeka Battleground. Battle of Guardians game lokal yang baru-baru ini meluncurkan versi mobile, sehingga diharap dapat menarik pemain juga penerbit game.

Para pemain dan tim yang berminat untuk berpartisipasi dapat mendaftar melalui situs resmi Liga Esports Nasional mulai tanggal 27 Juni 2024, Informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan pendaftaran dapat ditemukan di www.garudaku.com.

Kompetisi ini akan diadakan dalam beberapa tahap, mulai dari Liga 3 Jalur Solo, Liga 3 Jalur Terbuka, dan Liga 3 Jalur Pro. Setelah Liga 3, tim tim yang lolos akan bertanding di Liga 2 untuk kemudian berlaga di Liga 1 secara offline di Mall Taman Anggrek Jakarta Barat mulai dari tanggal 5 sampai 27 Oktober 2024.

Pertandingan pertandingan pilihan akan disiarkan secara langsung melalui berbagai platform streaming untuk memastikan para penggemar dapat menikmati setiap momen pertarungan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement