Jumat 05 Jul 2024 15:33 WIB

Kiper Singapura Donasikan Uang Terima Kasih Fans Timnas China ke Rumah Sosial Muhammadiyah

Hassan Sunny mendapatkan transferan uang karena "membantu" China di kualifikasi Piala

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Kiper Singapura Hassan Sunny  (kedua kanan).
Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Kiper Singapura Hassan Sunny (kedua kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjaga gawang Singapura, Hassan Sunny, pada Selasa (2/7/2024), mendonasikan 10 ribu dolar Singapura atau sekira Rp 121 juta ke Rumah Sosial Muhammadiyah (Muhammadiyah Welfare Home) di Singapura. Tempat ini semacam Rumah Perlindungan Sosial Anak di Indonesia.

Uang donasi didapatkan Hassan dari para penggemar timnas China yang berterima kasih kepadanya karena "membantu: tim negeri Tirai Bambu lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. China tergabung di Grup C bersama Indonesia pada putaran ketiga yang akan dimulai September 2024.

Baca Juga

Awalnya, China terancam tersingkir setelah kalah 0-1 dari Korea Selatan di Seoul pada Juni lalu. Thailand harus mengalahkan Singapura dengan selisih tiga gol di Bangkok untuk menyalip China dan merebut posisi kedua di Grup C, sekaligus lolos.

Thailand memang menang, tetapi hanya dengan skor 3-1. Hassan tampil brilian membuat 11 penyelamatan yang membuatnya dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Di luar lapangan, ia mendadak jadi pahlawan China. Sebab, rekor head-to-head China menjadi lebih baik atas Thailand dengan penyelamatan Hassan. China akhirnya melaju ke babak berikutnya mendampingi Korea Selatan dari Grup C.

Penggemar asal China yang bersyukur memadati Dapur Hassan, restoran keluarga sang kiper di Tampines. Orang-orang mulai mentransfer uang ke akun Alipay di restoran tersebut, setelah netizen menyebarkan foto kode QR pembayaran restoran tersebut secara online.

Hassan mengatakan kepada wartawan bahwa dia membuat keputusan untuk menyumbangkan uang tersebut tidak lama setelah kualifikasi pada Mei lalu. “Saat itu, saya kembali ke Singapura setelah pertandingan Thailand-Singapura di Bangkok. Saya duduk bersama keluarga saya. Ketika saya menyadari, sebenarnya ini bukan uang saya. Ini adalah sumbangan dan saya pikir yang bisa saya lakukan dengan uang ini hanyalah memberikan kembali kepada masyarakat," kata Hassan, dikutip dari channelnewsasia.com.

Kiper the Lions itu enggan membeberkan berapa total uang yang diterimanya. Uang tersebut akan ditambahkan ke penggalangan dana yang diselenggarakan rumah sosial tersebut pada akhir Agustus. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk operasional rumah yang menampung anak-anak terlantar di dalamnya.

“Kami harus berhati-hati untuk benar-benar memikirkan ke mana saya harus menyumbang,” kata Hassan, ayah empat anak yang mengatakan bahwa dia berempati dengan organisasi yang memperhatikan kebutuhan anak-anak.

Hassan menambahkan...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement