Kamis 11 Jul 2024 20:39 WIB

Sambut PON 2024, Perbasi DKI Gelar Pelatda Basket 3x3 di Playfield Premium Club Srengseng

Tim putra DKI meraih emas di PON Papua 2020 dan tim putri menyabet perunggu.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Ketua Umum Pengprov Perbasi DKI Jakarta Lexyndo Hakim (tengah) bersama manajer tim 3x3 basket putri DKI Jakarta untuk PON 2024 Leonardus Kuswanto (kedua kiri) berfoto bersama dalam peresmian lapangan basket 3x3 berstandar FIBA di Playfield Premium Club Srengseng, Jakarta, Sabtu (.6/7/2024). Tim 3x3 DKI Jakarta akan menjalani Pelatda PON 2024 Aceh-Sumut di lapangan ini.
Foto: Dok Perbasi DKI
Ketua Umum Pengprov Perbasi DKI Jakarta Lexyndo Hakim (tengah) bersama manajer tim 3x3 basket putri DKI Jakarta untuk PON 2024 Leonardus Kuswanto (kedua kiri) berfoto bersama dalam peresmian lapangan basket 3x3 berstandar FIBA di Playfield Premium Club Srengseng, Jakarta, Sabtu (.6/7/2024). Tim 3x3 DKI Jakarta akan menjalani Pelatda PON 2024 Aceh-Sumut di lapangan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim basket DKI Jakarta nomor 3x3 yang dipersiapkan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) kini tak lagi pusing untuk mencari tempat latihan representatif. Sebab, di Jakarta sekarang sudah ada lapangan basket khusus 3x3 di Playfield Premium Club Srengseng, Jakarta.

Kehadiran arena 3x3 berukuran FIBA, dengan permukaan lapangan standar yang digunakan pada turnamen resmi 3x3, membuat pengurus Perbasi DKI memilih Playfield Premium Club Srengseng sebagai tempat menggodok para atletnya. Pada PON Papua lalu, tim putra DKI meraih emas, sementara tim putri mendapatkan perunggu.

Baca Juga

PON 2024 akan berlangsung pada 8-20 September di Aceh-Sumut. Untuk pertandingan basket 3x3 akan digelar di Aceh. DKI berusaha mempertahankan prestasi tim putra dan meraih medali lebih baik di tim putri.

Ketua Umum Pengprov Perbasi DKI Jakarta Lexyndo Hakim mengaku sangat terbantu dengan hadirnya lapangan 3x3 baru ini. Yang paling utama, kata dia, lapangan 3x3 Playfield Premium Club Srengseng ini permanen, tidak dibongkar pasang seperti biasanya.

"Ukuran lapangan dan permukaan yang digunakan sudah standar, sama dengan yang nanti akan digunakan pada PON XXI 2024. Cabor basket akan dimainkan di Aceh," ujar Lexy kepada Republika.co.id, Kamis (11/7/2024).

Ke depannya, kata Lexy, venue ini bisa dijadikan tempat pertandingan liga 3x3 yang akan digelar oleh Perbasi DKI. "Kami akan buat liga 3x3 Jakarta. Mudah-mudahhan ini event 3x3 Perbasi di lapangan permanen yang pertama di Indonesia. Rencananya kami akan gelar setelah PON 2024," ujar Lexy.

Leonardus Kuswanto, salah satu founder Playfield Premium Club Srengseng, mengatakan venue ini menjadi satu-satunya lapangan basket 3x3 permanen di Indonesia. Ukuran lapangan serta bahan dan motif permukaan lapangan sudah sesuai standar FIBA.

"Saya katakan standar sudah standar FIBA, karena wasit sudah lihat, pemain Pelatda yang akan bermarkas di sini juga mengatakan sudah sama dengan yang biasa mereka mainkan baik dalam maupun luar negeri," ujar pria yang juga manajer tim 3x3 basket putri DKI Jakarta untuk PON 2024.

Playfield Premium Club Srengseng diresmikan pada Sabtu (6/7/2024) lalu. Lapangan ini akan dipakai Pelatda PON DKI setiap Jumat dan Sabtu untuk tim putra dan putri. Selain itu akan menjadi fasilitas yang dapat digunakan oleh anggota Playfield Premium Club Srengseng.

photo
Pemain Tim Basket 3x3 Pelatda PON DKI Jakarta menjajal lapangan Playfield Premium Club Srengseng. - (Dok Perbasi DKI)

Ke depannya, Leo mengatakan, lapangan ini akan disewakan atau menjadi venue turnamen basket 3x3.

"Dengan adanya lapangan ini, harapannya basket 3x3 di DKI lebih berkembang. Jika prestasi DKI naik, daerah juga akan berusaha naik. Ini akan membuat iklim 3x3 di Indonesia berjalan baik. Harapannya, basket 3x3 Indonesia bisa menorehkan prestasi internasional," ujar Leo.

Lapangan 3x3 Playfield Premium Club Srengseng ini merupakan bagian dari kawasan Playfield Academy Sport. Di tempat ini, ada satu lapangan basket berukuran FIBA, satu lapangan basket ukuran NBA, satu lapangan basket semi indoor, dua lapangan bulu tangkis, dua kolam renang, dan papan panjat tebing untuk anak-anak. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement