Kamis 11 Jul 2024 07:56 WIB

Wasit Lokal dan Asing Berlisensi FIBA Pimpin Laga Playoff IBL 2024

FIBA Asia merekomendasikan enam nama wasit asing untuk playoff IBL 2024 hingga final.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Harja Jaladri, wasit basket Indonesia berlisensi FIBA.
Foto: IBL Indonesia
Harja Jaladri, wasit basket Indonesia berlisensi FIBA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laga playoff IBL Tokopedia 2024 akan dimulai Kamis (11/7/2024) malam ini. Sebagai salah satu persiapan untuk kelancaran pertandingan, operator liga melakukan penguatan dari sisi pengadil lapangan. IBL mendatangkan wasit dari luar negeri yang ikut ambil bagian dalam pelaksanaan playoff tahun ini.

IBL bekerja sama dengan PP Perbasi menghadirkan wasit asing dengan lisensi FIBA. Pihak FIBA Asia merekomendasikan enam nama wasit asing untuk playoff IBL 2024 hingga babak final. Mereka adalah Mohamed Hasan Salman Alsalam (Bahrain), Urushima Daigo (Jepang), Park Kyoungjin (Korea), Preeda Muongmee (Thailand) Sun Jian (China), dan Zein Wissam (Suriah). Selain itu, nantinya ada juga koordinator wasit, yang akan bertugas membantu review keputusan-keputusan yang diambil wasit dalam setiap pertandingan.

Baca Juga

Para wasit luar ini akan berkolaborasi dengan wasit-wasit lokal Indonesia yang juga berlisensi FIBA, seperti Harja Jaladri, Budi Marfan, Haryanto Sutaryo, Rendi Putera Dwiantino, dan Rendra Lesmana. Selain itu ada pula beberapa wasit IBL yang punya performa bagus selama musim reguler, yang akan bertugas di babak playoff.

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah berharap kehadiran wasit asing di IBL bisa sekaligus menjadi ajang pertukaran ilmu dengan wasit-wasit lokal.

"Selain itu juga membuka hubungan dengan harapan kelak wasit kita juga akan dipercaya memimpin pertandingan-pertandingan kompetisi negara lain," ujarnya.

Babak playoff memang sangat krusial. Tim-tim juga berusaha mati-matian untuk memperebutkan gelar juara, yang semakin dekat dengan mereka. Dibutuhkan wasit yang punya kompetensi serta mampu mengambil keputusan yang cepat dan tepat agar tidak menimbulkan perdebatan di kemudian hari. Keputusan wasit yang cepat dan tepat akan membuat pertandingan berjalan lancar dan menghindari kontroversi.

Playoff IBL Tokopedia 2024 akan diikuti Dewa United Banten, Pelita Jaya Jakarta, Kesatria Bengawan Solo, Prawira Harum Bandung, Satria Muda Pertamina Jakarta, RANS Simba Bogor, Bali United Basketball, dan Borneo Hornbills. Untuk hari ini, Prawira bertandang ke markas Rans Simba di Bogor dalam laga yang dimulai pukul 18.00 WIB. Selanjutnya ada duel Satria Muda Pertamian dengan Kesatria Bengawan Solo di Britama Arena, Jakarta Utara mulai pukul 20.00 WIB.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indonesian Basketball League (@iblindonesia)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement