Jumat 12 Jul 2024 16:33 WIB

Penyebab Sulitnya Ucapkan Kalimat Tauhid saat Sakaratul Maut

Walau dibimbing, mereka sulit mengucapkan lafaz Allah atau kalimat tauhid.

Red: Hasanul Rizqa
Kalimat tauhid
Foto: dok wiki
Kalimat tauhid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang yang ketika hidupnya disibukkan dengan urusan dunia hingga lupa mengingat Allah SWT, maka kelak ketika sakaratul maut akan mendapatkan kesulitan mengucapkan lafal "Laa ilaaha illa Allah." Justru yang diucapkannya adalah perkataan-perkataan dalam urusan dunia, sebagaimana sering diakrabinya dalam keseharian.

Dalam kitab At-Tadzkirah, Imam Al-Qurthubi menukil sejumlah riwayat tentang orang-orang yang sulit sekali mengucapkan lafal "Laa ilaaha illa Allah" ketika akan meninggal. Mereka justru menyebut-nyebut hartanya, pekerjaannya, dan kesenangannya ketika masih hidup.

Baca Juga

Misalnya, Rabi' bin Syabrah bin Ma'bad al-Juhani yang bercerita bahwa dirinya menyaksikan seorang penduduk Syam yang ketika akan meninggal sulit mengucapkan "Laa ilaaha illa Allah." Justru, lelaki itu berkali-kali meminta minuman arak.

Rupanya, kebiasaan orang tersebut memang adalah peminum khamar. Begitupun dengan seorang warga al-Ahwas, yang ketika meninggal sulit mengucapkan "Laa ilaaha illa Allah."