Ahad 14 Jul 2024 10:36 WIB

Final Euro 2024 Dini Hari Nanti: Spanyol Incar Rekor Gelar, Inggris Ingin Tuntaskan Dahaga

Spanyol dan Inggris akan berlaga di Olympiastadion, Berlin, Senin dini hari WIB.

Red: Israr Itah
Para pemain Spanyol mengikuti sesi latihan di Donaueschingen, Jerman, Kamis (11/7/2024). Latihan tersebut merupakan persiapan jelang pertandingan final Euro 2024 melawan melawan Inggris pada Ahad (14/7/2024) malam waktu setempat atau Senin (15/7/2024) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Para pemain Spanyol mengikuti sesi latihan di Donaueschingen, Jerman, Kamis (11/7/2024). Latihan tersebut merupakan persiapan jelang pertandingan final Euro 2024 melawan melawan Inggris pada Ahad (14/7/2024) malam waktu setempat atau Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Spanyol dan Inggris akan bertemu di final Euro 2024 pada Senin (15/7/2024) dini hari WIB. Spanyol mengincar rekor gelar keempat di Piala Eropa untuk melampaui catatan Jerman/Jerman Barat, sementara Inggris berusaha meraih trofi besar pertama di sepak bola pria sejak Piala Dunia 1966.

Kedua tim sudah menyatakan ambisinya untuk mengangkat piala. Tekad menang diutarakan pada laga yang akan dimulai pukul 02.00 dini hari nanti. Berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang pertandingan ini:

Baca Juga

Fakta Laga

- Spanyol berstatus sebagai favorit juara setelah memenangi seluruh enam pertandingannya menuju final Euro 2024 dan secara luas dianggap sebagai tim terbaik pada turnamen di Jerman ini. Menjuarai Piala Eropa 2024 akan melanjutkan periode kesuksesan yang kuat bagi tim Matador, dengan tim pria telah menjuarai UEFA Nations League pada Juni tahun lalu dan tim wanita mengikutinya dengan menjuarai Piala Dunia Wanita dua bulan kemudian di Sydney.

- Lamine Yamal adalah bintang baru Spanyol yang telah menjadi kreator tiga gol Spanyol sebelum babak semifinal. Pada duel empat besar, remaja Muslim ini mencetak gol tendangan jarak jauh yang spektakuler dalam kemenangan 2-1 atas Prancis pada usia 16 tahun.

Dia baru merayakan ulang tahun ke-17 pada Sabtu (13/7/2024). Ini adalah turnamen besar perdana bagi Yamal, seperti halnya Kylian Mbappé yang berusia 19 tahun di Piala Dunia 2018 dan Pele yang berusia 17 tahun di Piala Dunia 1958.

- Spanyol terakhir kali tampil di final turnamen besar pada tahun 2012, ketika tim ini memenangi gelar ketiga Piala Eropa dengan mengalahkan Italia 4-0. Inggris tampil pada final Euro 2020, yang dimainkan pada 2021 karena pandemi virus corona, dan kalah dalam adu penalti dari Italia.

- Inggris telah menunjukkan ketangguhan dengan bangkit dari ketertinggalan dalam ketiga pertandingan babak gugur pada Euro 2024. Jude Bellingham mencetak gol penyeimbang dari tendangan salto pada menit kelima perpanjangan waktu dalam kemenangan atas Slovakia pada babak 16 besar. Bukayo Saka menyamakan kedudukan pada menit ke-80 saat melawan Swiss di perempat final sebelum Inggris lolos setelah memenangkan adu penalti. Terakhir, pemain pengganti Ollie Watkins mencetak gol penentu kemenangan tepat pada menit ke-90 saat melawan Belanda di semifinal setelah lebih dulu tertinggal 0-1.

- Pelatih Inggris Gareth Southgate sering dikritik karena manajemennya dalam pertandingan. Namun ia telah mengubah budaya di dalam skuad the Three Lions dan secara teratur membawa tim melaju jauh di turnamen-turnamen besar.

Dalam masa kepelatihan Southgate yang dimulai pada tahun 2016, Inggris telah mencapai semifinal Piala Dunia pada tahun 2018 dan sekarang kembali ke final Piala Eropa.

Kabar tim

- Pelatih Spanyol Luis de la Fuente mengatakan, hanya Pedri dan Ayoze Perez yang cedera yang tidak dapat dimainkan. Ini berarti kapten Alvaro Morata dapat bermain. Morata sebelumnya terpincang-pincang setelah kemenangan semifinal atas Prancis ketika ia terjatuh ke tanah dalam perayaan pasca-pertandingan oleh seorang steward yang mencoba menghentikan seorang fan yang masuk ke lapangan.

Bek kanan Dani Carvajal telah kembali dari skorsing, membuat de la Fuente memiliki dilema dalam memilih pemain di posisi bek tengah, dengan Nacho atau Robin Le Normand yang akan menjadi rekan bagi Aymeric Laporte. Dani Olmo kemungkinan akan kembali mengisi posisi Pedri sebagai gelandang tengah serang Spanyol.

- Southgate harus memutuskan siapa yang akan bermain sebagai bek kiri atau bek sayap kiri antara Kieran Trippier atau Luke Shaw. Shaw merupakan pemain alami di posisi tersebut, tapi hanya tampil dua kali sebagai pemain pengganti pada babak kedua di Euro 2024 setelah pulih dari cedera yang membuatnya absen sejak Februari. Jika tidak, Southgate akan memilih pemain yang sama, dengan remaja 19 tahun Kobbie Mainoo akan menutup lapangan tengah bersama Declan Rice.

Fakta angka

- Gelar juara Piala Eropa Spanyol sebelumnya diraih pada tahun 1964, 2008 dan 2012.

- Terdapat enam pemain yang mencetak tiga gol terbanyak di Euro 2024 dan dua di antaranya akan bermain di final: Kapten Inggris Harry Kane dan playmaker Spanyol Dani Olmo. Yang lainnya adalah Georges Mikautadze dari Georgia, Cody Gakpo dari Belanda, Ivan Schranz dari Slovakia dan Jamal Musiala dari Jerman.

- Sudah enam tahun sejak Spanyol dan Inggris bertemu dalam pertandingan internasional pria senior. Pada tahun 2018, mereka memainkan dua pertandingan Nations League, dengan Spanyol menang 2-1 di Stadion Wembley dan Inggris menang 3-2 di Sevilla sebulan kemudian.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by adidas Football (@adidasfootball)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement