Ahad 14 Jul 2024 13:29 WIB

Pilih Mana, Honda Vario 125 atau 160? Cek Komparasinya

Honda Vario merupakan salah satu skuter matik terpopuler di Indonesia.

Red: Gita Amanda
Dua model berpose saat peluncuran New Honda Vario 125, (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Dua model berpose saat peluncuran New Honda Vario 125, (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Pasar motor matic di Indonesia bersaing dengan ketat, sehingga banyak pabrikan yang meluncurkan produk terbarunya, dengan teknologi dan desain yang menarik. Salah satunya pabrikan Honda yang meluncurkan Vario series di tahun 2024.

Honda Vario 125 dan Vario 160 merupakan produk baru yang diluncurkan oleh pabrikan Honda untuk menarik pecinta motor di Indonesia. Mereka pun memberikan pilihan terkait dengan kapasitas mesinnya yang berbeda kepada para pelanggannya.

Apa itu Honda Vario?

Honda Vario merupakan salah satu skuter matik terpopuler di Indonesia dan dikenal sejak lama. Honda Vario memiliki desain yang sporty, modern dan kuat sehingga menjadikannya salah satu pilihan terbaik bagi para penggemar skuter matic.

Sejarah Honda Vario

Seperti diketahui Vario series merupakan produk skuter matic dari Honda yang memiliki perjalanan panjang. Bahkan telah banyak seri Vario yang diluncurkan, dari bermesin Vario 110 cc, Vario 125 cc, Vario 150 cc, hingga yang terbaru dengan mengusung mesin Vario 160 cc.

Sejak diluncurkan pada tahun 2006, Honda Vario telah melewati enam generasi hingga saat ini. Berikut sejarah Honda Vario dari generasi pertama hingga generasi terbaru:

Generasi pertama (2006-2008)

Honda Vario generasi pertama diluncurkan pada tahun 2006. Desain bodinya yang stylish dan modern membuat skuter matik ini langsung digemari konsumen. Mesin yang digunakan adalah mesin SOHC 4 tak berkapasitas 108 cc yang mampu menghasilkan tenaga 8,5 hp.

Dengan diluncurkan produk ini dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, maka nama Vario semakin terkenal, sehingga menjadi pemicu untuk meningkat Vario generasi selanjutnya.

Generasi kedua (2008-2012)

Honda Vario generasi kedua diluncurkan pada tahun 2008. Pada generasi ini, Honda melakukan berbagai ubahan pada desain dan mesin. Mesin yang digunakan adalah mesin 110cc SOHC 4 tak yang lebih bertenaga.

Selain itu, Honda juga menambahkan fitur baru seperti lampu rem belakang LED dan sistem pengereman terintegrasi.

Generasi ketiga (2012-2016)

Pada generasi ketiga, Honda Vario mendapat ubahan desain yang kali ini menjadi lebih sporty. Mesin yang digunakan sama dengan generasi sebelumnya, yaitu mesin 4 tak SOHC berkapasitas 110 cc. Inovasi pada generasi ini mencakup pencahayaan LED dan sistem keylesh.

Generasi Keempat (2016-2018)

Honda Vario generasi keempat diluncurkan pada tahun 2016. Pada generasi ini, Honda menawarkan bodi yang modern dan lapang. Meskipun masih  Mesin yang digunakan sama dengan generasi sebelumnya. Yang baru pada generasi ini adalah lampu depan LED dengan fitur lebih menarik.

Generasi Kelima (2018-2021)

Honda Vario generasi kelima diluncurkan pada tahun 2018. Pada generasi ini, Honda menawarkan bodi ramping dan aerodinamis. Mesin yang digunakan adalah mesin 125cc SOHC 4 tak yang lebih bertenaga dibandingkan generasi sebelumnya dengan kapasitas 110 cc.

Teknologi baru pun disematkan pada generasi terbaru seperti sistem pengereman ABS di samping dengan penggunaan lampu LED depan yang bergaya modern.

Generasi Keenam (2021-sekarang)

Honda Vario generasi baru diluncurkan pada tahun 2021. Pada generasi ini, Honda juga melakukan ubahan pada desain dan mesin. Mesin yang digunakan adalah mesin 4 tak SOHC berkapasitas 125 cc, bertenaga dan irit bahan bakar.

Pada generasi ini Honda memasang lampu depan dan belakang LED yang menarik, pengguna sistem keyless, lampu hazard otomatis, dan pengisian daya USB di dalam kabin. Selain itu, pada generasi keenam ini Honda juga memperkenalkan teknologi Idling Stop System (ISS).

Teknologi ini mampu menghemat bahan bakar dengan mematikan mesin saat sepeda motor berhenti sejenak dan langsung menyalakan kembali mesin saat pengemudi ingin melanjutkan perjalanan jalan atau bergerak.

Generasi Terbaru Honda Vario... (baca di halaman selanjutnya)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement