Kamis 18 Jul 2024 05:34 WIB

Joe Biden Kena Covid Lagi, Tiba-tiba Batal Isi Acara di Las Vegas

Banyak pihak memertanyakan kemampuan Biden bersaing di Pilpres AS 2024.

Red: Fitriyan Zamzami
Presiden AS Joe Biden mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19 di Gedung Putih, Washington, DC, pada 2021 lalu.
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Presiden AS Joe Biden mendapatkan suntikan booster vaksin Covid-19 di Gedung Putih, Washington, DC, pada 2021 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS- Presiden Joe Biden dinyatakan positif mengidap virus corona, menurut seorang pembicara pada konferensi tahunan UnidosUS yang disiarkan di saluran YouTube Gedung Putih. Hal ini membuatnya membatalkan pidato di hadapan komunitas Hispanik yang dijadwalkan kemarin.

Presiden berusia 81 tahun itu dijadwalkan untuk berbicara pada acara di Las Vegas pada Rabu sore sebagai bagian dari upaya untuk menggalang pemilih Hispanik menjelang pemilu November. Presiden dan CEO Unidos AS Janet Murguía mengatakan kepada para tamu bahwa presiden telah menyampaikan penyesalannya dan tidak dapat hadir karena dia dinyatakan positif mengidap virus tersebut.

Baca Juga

“Sayangnya, saya baru saja menelepon Presiden Biden dan dia menyampaikan kekecewaannya yang mendalam karena tidak dapat bergabung dengan kami sore ini. Presiden telah menghadiri banyak acara, seperti yang kita semua tahu, dan dia baru saja dinyatakan positif mengidap Covid,” kata Janet Murguia, presiden UnidosUS dikutip the Associated Press.

Biden masih berniat melakukan pidato pada acara kelompok tersebut di Las Vegas, namun terlambat sekitar satu setengah jam sebelum pengumuman tersebut dibuat. Presiden sebelumnya berada di restoran Original Lindo Michoacan di Las Vegas, di mana dia menyapa para pengunjung dan dijadwalkan untuk melakukan wawancara dengan Univision.

NBC News malaporkan, sekretaris pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengatakan Biden dinyatakan positif pada hari sebelumnya "setelah acara pertamanya di Las Vegas."

“Dia telah divaksinasi dan dikuatkan dan dia mengalami gejala ringan,” kata Jean-Pierre. “Dia akan kembali ke Delaware di mana dia akan melakukan isolasi mandiri dan akan terus menjalankan semua tugasnya secara penuh selama waktu tersebut. Gedung Putih akan memberikan informasi terkini secara berkala mengenai status Presiden saat dia terus menjalankan tugas penuh Presiden. kantor sambil dalam isolasi."

Dia mengatakan Biden akan melakukan perjalanan dari Las Vegas ke Delaware, di mana dia akan “mengisolasi diri dan akan terus menjalankan semua tugasnya secara penuh selama waktu tersebut. Gedung Putih akan memberikan informasi terkini secara rutin mengenai status presiden saat ia terus menjalankan tugas penuh kantornya selama dalam isolasi.” 

Dokter Biden, Kevin O’Connor, mengatakan dalam rilis dari Gedung Putih bahwa presiden mengalami pilek, batuk, dan “malaise umum” mulai Rabu sore. Dr O’Connor mengatakan dia diberikan tes cepat untuk Covid karena dia masih merasa tidak enak badan di kemudian hari, dan hasilnya positif terkena virus. 

“Mengingat hal ini, Presiden akan melakukan isolasi mandiri sesuai dengan C.D.C. panduan untuk individu yang bergejala,” tulisnya. Ia menambahkan, suhu tubuh Presiden normal dan oksigen dalam darahnya juga normal. Tuan Biden telah menerima dosis awal Paxlovid, pengobatan yang dapat mengurangi gejala virus. 

The New York Times melaporkan, sebelum mengumumkan hasil tes, Biden mampir di sebuah restoran pada hari sebelumnya. Wartawan yang bersamanya mengatakan dia terlihat lebih lambat dan sedikit lebih pucat dibandingkan hari sebelumnya, ketika dia menyampaikan pidato di Konvensi NAACP.

Biden tampak mencondongkan tubuh dari limusinnya ketika dia tiba di Air Force One untuk terbang kembali ke Delaware dan mengacungkan jempol kepada wartawan. Ketika mereka bertanya bagaimana perasaannya, dia menjawab: “Bagus. Saya baik-baik saja."

Penyakit tersebut – yang merupakan serangan ketiga Biden terhadap Covid, termasuk satu kasus kambuh – terjadi ketika beberapa sekutu dan pendukungnya terus mendesak agar Biden mundur dari pencalonan, dengan alasan kekhawatiran tentang kemampuannya untuk mengalahkan Donald Trump pada November.

Biden memiliki jadwal penuh di Nevada minggu ini, menyusul pertanyaan tentang kesehatan dan kemampuannya setelah kinerja debat yang buruk pada akhir Juni. Dia terakhir kali dinyatakan positif Covid pada 2022.

Presiden Joe Biden belakangan mendapat sorotan atas kemampuannya bersaing pada Pilpres 2024 setelah penampilan buruk pada debat perdana melawan kandidat Republik Donald Trump beberapa waktu lalu. Ia tampil terbata-bata dan kerap melantur pada debat itu, memicu kekhawatiran soal usianya. Sejumlah pihak di Demokrat telah secara terbuka memintanya mundur dari pencapresan.

Lansia di AS rentan Covid-19... baca halaman selanjutnya

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement