Sabtu 20 Jul 2024 06:28 WIB

Hamas yang tak Terkalahkan, Kemampuan Melawan, dan Pengakuan Israel

Israel mengakui Hamas masih bisa melakukan perlawanan

Red: Nashih Nashrullah
Pejuang Hamas, ilustrasi. Israel mengakui Hamas masih bisa melakukan perlawanan
Pejuang Hamas, ilustrasi. Israel mengakui Hamas masih bisa melakukan perlawanan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Hamas masih mampu mengebom Tel Aviv dan Yerusalem, militer Israel memperingatkan kemarin, menambahkan bahwa mereka telah membunuh dan menangkap sekitar 14 ribu anggota kelompok perlawanan tersebut sejak Oktober, demikian laporan Anadolu.

“Hamas mempertahankan kemampuan untuk menyerang pasukan di Gaza dan meluncurkan roket-roket ke Israel, termasuk serangan jarak jauh ke Tel Aviv atau Yerusalem,” kata militer Israel dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situs webnya, dikuti dari Middle East Monitor. 

Baca Juga

Menurut militer, sekitar 14 ribu anggota Hamas telah terbunuh dan ditangkap sejak 7 Oktober 2023.

Tentara mengatakan bahwa mereka telah menyerang sekitar 37.000 target di Gaza dari udara, dan lebih dari 25 ribu situs infrastruktur dan lokasi peluncuran roket.

Tentara Israel memperkirakan, menurut pernyataan yang sama, bahwa Hamas “masih memiliki rudal jarak jauh untuk mengebom Tel Aviv dan Yerusalem, dan lebih dari separuh anggotanya masih hidup, dan tentara belum bertindak terhadap tiga brigade mereka.”

Menurut data militer Israel, setidaknya 680 tentara telah terbunuh sejak bulan Oktober. Sementara sekitar 9.400 tentara yang terluka telah dirawat di pusat-pusat rehabilitasi pada saat itu, 36 persen di antaranya menderita gangguan psikologis.

Sebelumnya Majalah Foreign Affairs...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement