Senin 22 Jul 2024 16:17 WIB

Solo akan Uji Coba Makan Siang Gratis Rp7.500 per Porsi, Bagaimana Kualitas Menunya?

Pemkot Solo menyebut anggaran Rp7.500 per porsi bisa direalisasikan.

Rep: M Noor Alfian Choir, Bayu Adji P/ Red: Andri Saubani
Wali Kota Solo, Teguh Prakoso.
Foto: Republika.co.id/Muhammad Noor Alfian Choir
Wali Kota Solo, Teguh Prakoso.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan melakukan uji coba makan siang gratis mengadopsi program yang akan dikerjakan oleh Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pemkot Solo menyebut anggaran Rp7.500 per porsi bisa direalisasikan.

"Kita ini kan sudah ada tradisi masing-masing. Ke depan ini diawali di tahun ajaran baru, di sekolah ada program makan di hari Jumat, anggap saja Jumat berkah," kata Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa di Solo, Jawa Tengah, Senin (22/7/2024).

Baca Juga

Teguh mengatakan nantinya untuk uji coba makan gratis ini dengan anggaran Rp7.500/porsi. "Mestinya lebih sederhana tetapi mutu dan kualitasnya tidak kalah. Kalau kemarin dari Rp12.000/porsi, hitungannya di APBN turun jadi Rp7.500/porsi. Kalau di Solo itu jalan," katanya.

Menurut dia, program tersebut bukan untuk mendahului pusat. Sebab, sudah ada beberapa sekolah di Solo yang melakukan program tersebut.

"Di beberapa sekolah sudah ada, tetapi seminggu sekali," katanya.

Sementara itu, ia memastikan tidak ada pemaksaan dari pemerintah pada sekolah terkait program tersebut. "Ini justru ide kreatif sekolah, jadi tidak ada pemaksaan. Ini kesempatan yang baik, tinggal nanti dinas menjadwalkan di beberapa sekolah dulu. Nanti kami meninjau pas makan bersama," katanya.

Teguh mengatakan, program tersebut tidak dilakukan setiap hari karena harus menyesuaikan anggaran yang ada. "Memang tidak setiap hari, karena anggaran kan sudah berjalan. Jadi lepas dari perencanaan APBN, karena transisinya Oktober," katanya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement