Rabu 24 Jul 2024 14:19 WIB

Warga Amerika Unjuk Rasa ke Netanyahu dan Biden, Teriakan "Biarkan Gaza Hidup"

Netanyahu tiba di Washington pada Senin.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Pengendara motor melintas di dekat mural wajah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Grogol.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pengendara motor melintas di dekat mural wajah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Grogol.

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON -- Para pengunjuk rasa yang menentang perang Gaza melakukan aksi duduk di gedung kantor kongres Amerika Serikat (AS) pada Selasa (23/7/2024), menjelang pidato Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di depan Kongres. Polisi Capitol melakukan banyak penangkapan.

Netanyahu tiba di Washington pada Senin untuk kunjungan yang mencakup pertemuan dengan Presiden Joe Biden dan pidato pada Rabu (24/7/2024) sebelum sesi gabungan Kongres. Lusinan pengunjuk rasa berunjuk rasa di luar hotelnya pada Senin malam, dan pada Selasa sore, ratusan orang melakukan protes bergaya flashmob di Gedung Cannon, yang merupakan kantor anggota Dewan Perwakilan Rakyat AS.

Baca Juga

Diorganisir oleh Jewish Voice for Peace (Suara Yahudi untuk Perdamaian), pengunjuk rasa yang mengenakan kaus merah bertuliskan “Bukan Atas Nama Kami” mengambil alih rotunda gedung dengan duduk di lantai, membentangkan tanda dan meneriakkan “Biarkan Gaza Hidup.”

Setelah sekitar setengah jam bertepuk tangan dan bersorak, petugas dari Kepolisian Capitol AS mengeluarkan beberapa peringatan, kemudian mulai menangkap pengunjuk rasa, mengikat tangan mereka dengan tali pengikat dan membawa mereka pergi satu per satu.

“Saya adalah putri para penyintas Holocaust dan saya tahu seperti apa Holocaust itu,” kata Jane Hirschmann, penduduk asli Saugerties, New York, yang ikut serta dalam protes bersama kedua putrinya, keduanya ditangkap, dikutip dari laman VOA, Rabu (24/7/2024).

"Saat kami mengatakan tidak akan pernah lagi, yang kami maksud adalah tidak akan pernah lagi untuk siapapun," ujarnya.

Para pengunjuk rasa memfokuskan kemarahan mereka pada pemerintahan Biden, menuntut presiden segera menghentikan semua pengiriman senjata ke Israel.

“Kami tidak fokus pada Netanyahu. Dia hanya sebuah gejala,” kata Hirschmann. 

“Tetapi bagaimana bisa (Biden) menyerukan gencatan senjata ketika dia mengirimi mereka bom dan pesawat?,” ujarnya.

Pada Selasa (23/7) pukul 20.00, Kepolisian Capitol mengatakan mereka belum memiliki penghitungan akhir mengenai jumlah orang yang ditangkap. Namun JVP mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa 400 orang, termasuk lebih dari selusin rabi, telah ditangkap.

Mitchell Rivard, kepala staf Perwakilan Dan Kildee dari Michigan, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kantornya menyerukan intervensi Polisi Capitol setelah para demonstran menjadi mengganggu, memukuli pintu kantor dengan keras, berteriak keras, dan mencoba memaksa masuk ke dalam kantor.

Kildee kemudian mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia bingung mengapa kantornya menjadi sasaran, dan mengatakan bahwa dia telah memilih untuk menolak paket bantuan militer tambahan besar-besaran ke Israel pada awal tahun ini.

Kunjungan Netanyahu ke AS telah memicu gelombang aktivitas protes, dengan beberapa demonstrasi mengecam Israel dan demonstrasi lainnya menyatakan dukungan namun menekan Netanyahu untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dan memulangkan sandera yang masih ditahan oleh Hamas.

Keluarga dari beberapa sandera yang tersisa mengadakan aksi protes pada Selasa malam di National Mall, menuntut Netanyahu untuk berdamai dengan Hamas dan membawa pulang sekitar 120 sandera Israel yang tersisa di Gaza.

Sekitar 150 orang mengenakan kemeja kuning bertuliskan "Seal the Deal NOW!" meneriakkan "Bawa Mereka Pulang" dan mendengarkan kesaksian dari kerabat dan mantan sandera. Para pengunjuk rasa bertepuk tangan ketika nama Biden disebutkan, namun beberapa mengkritik Netanyahu yang dikenal dengan julukan “Bibi” dengan keyakinan bahwa ia menunda-nunda atau bermain keras dalam usulan kesepakatan gencatan senjata yang akan mengembalikan semua sandera.

"Saya mohon pada Bibi. Ada kesepakatan yang sudah disepakati dan anda harus menerimanya," kata Aviva Siegel (63 tahun) yang menghabiskan 51 hari di penangkaran dan suaminya, Keith, masih menjadi sandera. 

"Aku ingin Bibi menatap mataku dan memberitahuku satu hal, Keith akan pulang," ujarnya.

Berbagai protes direncanakan pada hari Rabu, ketika Netanyahu dijadwalkan berpidato di depan Kongres. Sebagai antisipasi, polisi telah meningkatkan keamanan di sekitar gedung Capitol dan menutup beberapa jalan hampir sepanjang minggu ini.

Biden dan Netanyahu diperkirakan akan bertemu pada hari Kamis, menurut seorang pejabat AS yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya menjelang pengumuman Gedung Putih. Wakil Presiden Kamala Harris juga akan bertemu dengan Netanyahu secara terpisah hari itu.

Harris, sebagai presiden Senat, biasanya duduk di belakang para pemimpin asing saat berpidato di depan Kongres, tetapi dia akan berangkat pada Rabu untuk perjalanan ke Indianapolis yang dijadwalkan sebelum Biden membatalkan pencalonannya kembali dan dia kemungkinan besar akan menjadi kandidat presiden dari Partai Demokrat pada akhir pekan.

Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump mengumumkan di Truth Social bahwa dia akan bertemu dengan Netanyahu pada hari Jumat.

Sumber:

https://www.voanews.com/a/demonstrators-protest-netanyahu-s-us-visit-military-aid-to-israel-/7710601.html

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement