Kamis 25 Jul 2024 00:00 WIB

Korea Gencar Tembus Pasar Indonesia dengan K-Food Halal

Korea dorong produsen makanan negaranya beradatasi dengan regulasi sertifikasi halal.

Rep: Fergi Nadira Bachruddin/ Red: Partner
.
Foto: network /Fergi Nadira Bachruddin
.

Korea Pavilion di FHI 2024. Foto: Istimewa
Korea Pavilion di FHI 2024. Foto: Istimewa

안녕하세여, 친구들 (Annyeonghaseyo, chingudeul)...

Makanan Korea telah menjadi kegemaran masyarakat Indonesia dibuktikan dengan banyaknya restoran-hingga produk makanan dari Korea. Cap halal pun kini sudah sangat mudah ditemukan di makanan Korea di Tanah Air, meski belum semua, Korea gencar menembus pasar Indonesia lebih luas dengan makanannya.

Kementerian Pertanian, Pangan dan Pedesaan Korea bersama dengan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation pun turut mengikuti pameran makanan internasional terbesar di Indonesia Food & Hospitality Indonesia (FHI) 2024. Sekurangnya sebanyak 12 perusahaan ekspor makanan dan minuman dari Korea dibawa langsung untuk mengenalkan produknya di acara yang diselenggarakan di JiExpo Kemayoran itu.

Kepala Perwakilan Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation Lee Seung-hoon mengatakan, pihaknya optimistis melalui pameran ini, ada potensi perluasan ekspor produk K-food di Indonesia. Dia menegaskan bahwa pihaknya akan mendorong para produsen makanan dan minuman Korea untuk beradaptasi dengan regulasi yang ada di Indonesia, yang salah satu perhatiannya adalah terkait dengan prosedur sertifikasi halal.

"Kami juga akan mendengarkan ide-ide dan tantangan terkait prosedur sertifikasi halal dari para eksportir dan memberikan mereka dukungan yang ada. Kami yakin bahwa kami bisa terus memperluas peta distribusi produk agrikultur Korea melalui business matching atau pameran-pameran dengan para importir lokal dan vendor lokal untuk mencapai kinerja ekspor yang maksimal," ujar Lee dalam keterangan pers yang diterima Republika pada Rabu (24/7/2024).

Pada pameran tersebut, Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation juga menggelar cooking show bersama dengan Chef yang sangat ahli dalam mengolah makanan tradisional Korea, Choi Jun-hyuk. Dalam cooking show tersebut, para pengunjung dapat mencoba makanan Korea, seperti Chicken Gangjeong, Japchae, Chicken Cutlet, Tteokbokki, Pajeon dan Dakgalbi.

Korea Pavilion di FHI 2024. Foto: Istimewa
Korea Pavilion di FHI 2024. Foto: Istimewa

"Menu tersebut dipilih karena sangat mudah dibuat dan tidak memerlukan waktu yang lama untuk pengolahannya," jelas Lee Seung-hoon.

Selain chef dari Korea, acara cooking show juga akan menghadirkan chef asal Indonesia Jesslyn Lauwreen. Pemenang Master Chef season 8 ini akan menunjukkan kemampuannya untuk memasak Nasi Goreng Kimchi dan Bulgogi pada hari terakhir pameran.

Sementara itu, para pengunjung mengaku sangat senang dengan hadirnya Korea Pavilion di Food and Hospitality Indonesia (FHI) 2024. “Senang sih ada Korea Pavilion dan ada cooking show juga, jadi bisa coba makanan Korea yang dimasak sama chef Korea. Suka banget sama Japchae dan ayamnya itu, sesuai dengan lidah orang Indonesia,” kata Fauziah, pengunjung asal Jakarta.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement