Kamis 25 Jul 2024 13:10 WIB

Perbuatan Ini Paling Dikhawatirkan Nabi tapi Marak Dilakukan Umat Akhir Zaman

Nabi Muhammad SAW mengungkapkan rasa khawatirnya terhadap perilaku kaum Nabi Luth.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ilustrasi penderita homoseksual.
Ilustrasi penderita homoseksual.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran mengisahkan tentang kaum sodom yang tidak mau mendengarkan nasihat Nabi Luth As. Mereka tetap melakukan perbuatan yang melampaui batas yaitu melakukan hubungan seksual pria sesama pria atau homoseksual dan wanita sesama wanita alias lesbian. Dikisahkan kaum yang durhaka kepada Nabi Luth tersebut mendapat azab dan binasa.

Pada 14 abad yang lalu, Nabi Muhammad SAW sudah mengungkapkan rasa khawatirnya terhadap perilaku kaum Nabi Luth yang mungkin ditiru oleh sebagian umat Rasulullah SAW. Kekhawatiran Rasulullah SAW diriwayatkan oleh Abu Abdullah Muhammad bin Yazid bin Abdullah bin Majah Al Quzwaini yang dikenal sebagai Ibnu Majah, dan Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah at-Tirmidzi yang dikenal sebagai Imam at-Tirmidzi.

Baca Juga

حَدَّثَنَا أَزْهَرُ بْنُ مَرْوَانَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ بْنُ عَبْدِ الْوَاحِدِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عَقِيلٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَى أُمَّتِي عَمَلُ قَوْمِ لُوطٍ

Jabir bin Abdullah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya yang paling aku khawatirkan terhadap umatku adalah perbuatan kaum Luth." (HR Ibnu Majah) 

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ عَبْدِ الْوَاحِدِ الْمَكِّيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عُقَيْلٍ أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرًا يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَى أُمَّتِي عَمَلُ قَوْمِ لُوطٍ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ إِنَّمَا نَعْرِفُهُ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عُقَيْلِ بْنِ أَبِي طَالِبٍ عَنْ جَابِرٍ

Jabir berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya sesuatu yang paling aku khawatirkan dari umatku adalah perbuatan kaum Luth." (HR at-Tirmidzi)

Imam at-Tirmidzi mengatakan, hadits ini berstatus hasan gharib, ia hanya mengetahui dari jalur ini dari Abdullah bin Muhammad bin 'Uqail bin Abu Thalib dari Jabir.

Dalam Alquran, Surah Al-Ankabut Ayat 31 menerangkan bahwa kaum Nabi Luth yang telah berbuat kerusakan sampai melampaui batas dibinasakan oleh malaikat.

وَلَمَّا جَاۤءَتْ رُسُلُنَآ اِبْرٰهِيْمَ بِالْبُشْرٰىۙ قَالُوْٓا اِنَّا مُهْلِكُوْٓا اَهْلِ هٰذِهِ الْقَرْيَةِ ۚاِنَّ اَهْلَهَا كَانُوْا ظٰلِمِيْنَ ۚ

Ketika utusan-utusan Kami (para malaikat) datang kepada Ibrahim membawa kabar gembira, mereka berkata, "Sesungguhnya kami akan membinasakan penduduk negeri (Sodom) ini. Sesungguhnya penduduknya adalah orang-orang yang zalim." (QS Al-Ankabut: 31)

Menurut Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menjelaskan bagaimana Allah SWT menerangkan tentang kedatangan malaikat yang menemui Nabi Ibrahim. Mereka memberi kabar gembira bahwa Allah akan mengaruniakan kepadanya seorang anak bernama Ishak. Kelak putra itu akan diangkat menjadi Nabi dan Rasul menggantikan tugas dan jabatan Nabi Ibrahim.

Kemudian diberitahukan kepada Nabi Ibrahim bahwa negeri Sodom akan dihancurkan untuk menghukum kaum yang mendustakan Nabi Luth. Mereka adalah kaum yang berbuat zalim.

Kondisi umat akhir zaman.. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement