Jumat 26 Jul 2024 05:05 WIB

Hasil Survei: Penantang Anies yang Potensial Hanya Dua, Kaesang tak Dilirik Warga Jakarta

Hampir 40 persen warga Jakarta memilih Anies dalam simulasi terbuka.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep usai menyampaikan konferensi pers di kantor DPP PSI, Jakarta, Jumat (24/11/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep usai menyampaikan konferensi pers di kantor DPP PSI, Jakarta, Jumat (24/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Hasil survei terkini dari Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa Anies Baswedan menempati elektabilitas tertinggi sebagai bakal calon gubernur (cagub) Jakarta. Dalam survei tersebut juga menunjukkan, hanya ada dua calon yang potensial menjadi penantang Anies, yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Ridwan Kamil.

“Hampir 40 persen, tepatnya 39,7 persen itu memilih Anies Baswedan,“ kata Peneliti Utama Indikator Burhanuddin Muhtadi, di Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Baca Juga

Berdasarkan simulasi terbuka (top of mind) itu, lanjut dia, Ahok meraih elektabilitas sebesar 23,8 persen. Sedangkan Ridwan Kamil meraih elektabilitas sebesar 13,1 persen. “Nama-nama yang lain kecil-kecil di bawah 1,5 persen,” ujarnya.

Dalam simulasi semi terbuka 40 nama calon, Anies juga meraih elektabilitas tertinggi sebesar 41,7 persen, lalu Ahok 27 persen, dan Ridwan Kamil 15,4 persen. Adapun nama-nama lain di luar ketiganya, kata Burhanuddin, elektabilitasnya cenderung kecil, yakni di bawah 2 persen, di antaranya Tri Rismaharini (1,7 persen), Erick Thohir (1,5 persen), Ahmad Sahroni (0,8 persen), Raffi Ahmad (0,8 persen), hingga Sri Mulyani Indrawati (0,8 persen).

“Kemungkinan munculnya kuda hitam di luar dari Ahok atau Ridwan Kamil sepertinya kecil karena waktu makin lama makin dekat ke pemilu sementara tidak mudah menaikkan elektabilitas di Jakarta,” ucapnya.

Selanjutnya dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Anies pun kembali menempati urutan teratas dengan raihan 43,8 persen, disusul Ahok 32,1 persen, dan Ridwan Kamil 18,9 persen. Namun, keunggulan elektabilitas ini belum memastikan Anies akan menang di kontestasi perebutan kursi Jakarta 1.

“Jadi Anies memang unggul cukup signifikan dibanding dua nama lain, tapi yang menarik keunggulan Anies ini tidak mencapai 50 persen,” katanya.

Survei yang dilakukan pada 18 hingga 26 Juni 2024 itu dilakukan dengan metode multistage random sampling yang diikuti sebanyak 800 responden. Wawancara dilakukan secara tatap muka, dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

photo
Restu Jokowi di panggung politik Kaesang. - (Republika)

Berapa elektabilitas Kaesang? baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement