Kamis 25 Jul 2024 22:02 WIB

Penyelenggaraan Haji 2024 Selesai, Kemenag Jabar Gelar Tasyakur dan Doa Bersama

Kegiatan digelar sebagai bagian dari evaluasi dari penyelenggaraan haji tahun ini

Red: Arie Lukihardianti
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H Ajam Mustajam
Foto: Dok Republika
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, H Ajam Mustajam

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelar tasyakur bin nimah, istigasah, dan doa bersama atas selesainya operasional penyelenggaraan haji Provinsi Jabar tahun 1445 H/ 2024 M di Hotel Puri Khatulistiwa, belum lama ini.

Menurut Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Drs H Ajam Mustajam, MSi suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024 di Jabar ini tidak terlepas dari ikhtiar dan partisipasi seluruh pihak.

Baca Juga

“Yakni, mulai dari jemaah haji, panitia, dan pemerintah daerah, dan tentunya kesuksesan ini adalah kehendak Allah SWT. Dengan beitu kita perlu melaksanakan tasyakuran dan doa Bersama," ujar Ajam, kepada wartawan, Kamis (25/7/2024).

Tasyakur bin nimah ini dilaksanakan serentak di seluruh Kanwil, Kantor Kemenag se-Indonesia. Kemenag kabupaten dan kota se-Jawa Barat mengikuti kegiatan ini secara luring. Sedangkan Kemenag Bandung Raya hadir secara daring dalam kegiatan ini.

Menurut Ajam, kegiatan ini adalah bagian juga dari evaluasi dari penyelenggaraan haji tahun ini. Kanwil Kemenag Jabar pun, memberikan santunan kepada 25 anak yatim.

“Alhamdulilah penyelenggaran Ibadah Haji 1445 H dapat sukses tanpa celah berkat kerjasama dan kolaborasi yang baik. Kita juga sudah mengkaji satu per satu item penyelenggaraan ibadah haji, alhamdullillah, tahun ini semau tigas dan fungsi layanan berjalan dengan baik," kata Ajam.

Ajam berharap seluruh jemaah haji yang berangkat ke Tanas Suci bisa menjaga kemambruran dan meningkatkan kesalihah. Ia memberikan tiga amanah kepada para jemaahn haji. “Kuatkan keimanan dan ketakwaan, meningkatkan keshalehan social, dan menjaga kestabilan ekonomi di wilayah masing-masing," katanya.

Ia menyebutkan tahun ini Kemenag sudah melaksanakan beberapa inovasi sehingga operasional penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan lancar. Misalnya, sebelum pelunasan ada istitaah kesehatan. Ini luar biasa dampaknya. Salah satu indikatornya adalah jumlah jemaah haji yang wafat tahun ini turun drastis dibanding tahun lalu.

"Tahun ini juga para jemaah hanya lewat saja sebentar di Muzdalifah. Kemudian penginapan juga ditempatkan di daerah yang aman dari arus lalulintas,” kata Ajam.

Ke depan, kata dia, inovasi terus dilakukan oleh Kemenag dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik kepada jemaah haji.

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Jabar, H Boy Hary Novian. Ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas semua pihak yang telah menyukseskan operasional penyelenggaraan haji di Jawa Barat pada tahun ini. Jangan pernah merasakan puas dengan apa yang dicapai. Semangat bersama ini kita terus dijaga untuk meningkatkan layanan bagi jemaah haji pada tahun yang akan datang,” papar Boy.

Boy merinci, Kuota Haji Jawa Barat sebanyak 40.201 dan kuota terserap sebanyak 40.214. Dari kuota tersebut, Jemaah dan Petugas yang diberangkatkan untuk Embarkasi Bekasi (JKS) sebanyak 27.526 orang. Sedangkan Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 13.068 orang, sehingga totalnya sebanyak 40.594 orang.

Sebanyak 6 orang jemaah tertinggal di tanah suci karena sakit. Untuk Debarkasi Bekasi sebanyak 2 orang dan Debarkasi Kertajati sebanyak 4 orang. Sementara itu jumlah jemaah haji yang wafat menurun tajam bila dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 70 orang, di antaranya 42 orang berasal dari Debarkasi Bekasi dan 28 orang berasal dari Debarkasi Kertajati.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement