Ahad 28 Jul 2024 09:19 WIB

Cara Burung Bertasbih: Tafsir an-Nur Ayat 41

Burung merupakan ciptaan Allah yang unik.

Red: Erdy Nasrul
Burung merpati terbang berlatar belakang Masjid Quba di Madinah, Arab Saudi, Jumat (28/6/2024). Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW pada 622 masehi saat Nabi melaukan hijrah dari Makkah ke Madinah. .
Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Burung merpati terbang berlatar belakang Masjid Quba di Madinah, Arab Saudi, Jumat (28/6/2024). Masjid Quba merupakan masjid pertama yang dibangun Rasulullah SAW pada 622 masehi saat Nabi melaukan hijrah dari Makkah ke Madinah. .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setiap ciptaan Allah punya cara masing-masing untuk menyembah Allah. Cara mereka sungguh unik, hanya orang-orang tertentu yang mengetahui bahwa makhluk tersebut ternyata sedang bertasbih, menyembah Allah.

Allah subhanahu wa ta’ala dalam Surah an-Nur ayat 41 menjelaskan makhluk-Nya, burung, yang secara kasat mata terlihat bertengger atau sekadar terbang membelah langit. Tapi ternyata, mereka melakukan hal lain yang sungguh luar biasa. Firman tersebut berbunyi begini,

Baca Juga

أَلَمْ تَرَ أَنَّ ٱللَّهَ يُسَبِّحُ لَهُۥ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱلطَّيْرُ صَٰٓفَّٰتٍ ۖ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلَاتَهُۥ وَتَسْبِيحَهُۥ ۗ وَٱٱللَّهُ عَلِيمٌۢ بِمَا يَفْعَلُونَ

A lam tara annallāha yusabbiḥu lahụ man fis-samāwāti wal-arḍi waṭ-ṭairu ṣāffāt, kullung qad 'alima ṣalātahụ wa tasbīḥah, wallāhu 'alīmum bimā yaf'alụn

Tidaklah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) beribadah dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.

Burung merupakan kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata). Ciptaan Allah satu ini memiliki bulu dan sayap. Aves termasuk hewan ovipar berdarah panas.

Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil dan dapat mengepakkan sayap dengan sangat cepat, penguin yang menyelam dengan sayapnya, hingga burung unta, yang lebih tinggi dari manusia. Sebagian besar spesies burung di dunia mampu terbang menggunakan sayapnya (semisal angsa, burung gereja, bebek, burung hantu, pelikan, elang, cenderawasih, dan masih banyak lagi), kecuali beberapa jenis burung yang biasanya endemik di tempat tertentu, seperti burung unta, moa, kasuari, kiwi, penguin, dan sebagainya.

Diprediksi, ada sekitar 8.800–10.200 spesies burung di seluruh dunia; sekitar 1.500 jenis di antaranya ditemukan di Indonesia. Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves.

Makna kandungan ayat tersebut >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement