Senin 29 Jul 2024 11:51 WIB

Comeback-nya Irman Gusman Diyakini akan Beri Warna bagi DPD RI

KPU diminta belajar dari kasus Irman Gusman.

Red: Joko Sadewo
Berdasarr hasil rekapitulasi KPU, Irman Gusman masuk menjadi calon anggota DPD RI terpilih dari Provinsi Sumatera Barat. foto ilustrasi.
Foto: Republika/Febryan A
Berdasarr hasil rekapitulasi KPU, Irman Gusman masuk menjadi calon anggota DPD RI terpilih dari Provinsi Sumatera Barat. foto ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Kembalinya mantan ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI diyakini akan memberikan kontribusi besar bagi masyarakat Sumatera Barat (Sumbar). Termasuk Irman akan memberi warna dan dinamika baru dalam perpolitikan nasional.

Comeback-nya pak Irman tentu akan memberi warna baru di DPD RI. Berkaca dari pengalaman pak Irman saat menjadi ketua DPD, ia mampu membuat terobosan dan gebrakan yang menaikkan posisi tawar DPD di parlemen,” kata kuasa hukum Irman Gusman saat  gugatan kepengadilan TUN Jakarta hingga MK, Ahmad Waluya, Senin (29/7/2024).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi mengesahkan hasil rekapitulasi suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2024 Provinsi Sumbar, Ahad (28/7/2024).  Salah satu calon yang memiliki suara terbanyak dan akan melenggang ke DPD RI adalah mantan ketua DPD RI, Irman Gusman.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional Pemilu 2024 pascapeleksanaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK), mereka yang memperoleh suara terbanyak adalah Cerint Iralloza Tasya (283.020 suara), Muslim M Yatim (199.919 suara), Jelita Donald (187.765 suara), dan Irman Gusman (176.987 suara).