Selasa 30 Jul 2024 15:30 WIB

AS Gelontorkan Dana Hibah 649 Juta Dolar AS untuk Infrastruktur Indonesia

Kemitraan MCC dengan Indonesia sudah berlangsung hampir dua dekade.

Rep: Lintar Satria / Red: Satria K Yudha
Warga naik sepeda motor melintasi jalan tanah di kawasan hutan Dusun Kalitengah, Rejosari, Kradenan, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (7/3/2023).
Foto: ANTARA FOTO
Warga naik sepeda motor melintasi jalan tanah di kawasan hutan Dusun Kalitengah, Rejosari, Kradenan, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (7/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - CEO Millennium Challenge Corporation (MCC) Alice Albright berkunjung ke Indonesia untuk merayakan kemajuan dari peluncuran Kesepakatan Infrastruktur dan Keuangan Indonesia (Indonesia Infrastructure and Finance Compact) senilai 649 juta dolar AS (sekitar Rp 10,5 triliun). Hibah MCC ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas infrastruktur Indonesia, serta meningkatkan akses pembiayaan bagi usaha kecil dan menengah.

“Kemitraan MCC dengan Indonesia sudah berlangsung hampir dua dekade, dan program kesepakatan terbaru ini meningkatkan total investasi kami di negara ini menjadi lebih dari 1 miliar dolar,” kata CEO Albright dalam siaran pers yang dirilis Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia, Selasa (30/7/2024).

Ia menambahkan melalui kolaborasi terbaru ini, masyarakat Indonesia dapat memperkuat dan memperluas bisnis mereka serta mengakses pasar-pasar baru dengan aman.

Selama kunjungannya, Albright bersama Duta Besar AS Terpilih untuk Indonesia Kamala Lakhdhir, merayakan penandatanganan perjanjian hibah dengan Indonesia Infrastructure Finance (IIF). Hibah ini bertujuan memajukan opsi pembiayaan gabungan untuk sektor publik dan swasta guna menyediakan dan mempertahankan lebih banyak proyek infrastruktur publik.