Rabu 31 Jul 2024 09:52 WIB

Cerita Presiden Jokowi tidak Nyenyak Tidur di Istana Garuda IKN

Jokowi menekankan, pembangunan IKN merupakan pekerjaan besar yang butuh 15-20 tahun.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di kompleks Kantor Presiden, Ibu Kota Nusantara (IKN), Senin (29/7/2024).
Foto:

Sumbu Kebangsaan

Sebelum berkantor di Istana Garuda, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana juga sempat meninjau area Sumbu Kebangsaan bersama para selebritas Tanah Air pada Ahad (27/8/2024) malam WIB. Saat memasuki area Sumbu Kebangsaan yang berada tepat di seberang Istana Garuda, kesan awal yang dirasakan adalah seperti memasuki kota lain yang tidak jauh berbeda dari Jakarta, namun lebih futuristik.

Kota masa depan yang menjadi cita-cita dari pembangunan IKN sepertinya sudah tercermin jika menelusuri area Sumbu Kebangsaan. Di area tersebut, calon penduduk IKN bisa menikmati area terbuka hijau luas yang dinamakan Plaza Seremoni. Saat berdiri di area Plaza Seremoni, gedung Istana Presiden dan di belakangnya Istana Garuda IKN tampak megah terlihat walau dari jarak yang cukup jauh.

Di bagian tengahnya, terdapat gedung ritel, perpustakaan, serta amphiteater. Untuk mencapai gedung tersebut, orang dapat menyusurinya dengan titian jembatan berbahan dasar kayu. Di bagian bawah jembatan tersebut terpasang lampu LED untuk penerangan saat petang dan malam hari.