Sabtu 03 Aug 2024 06:20 WIB

Hendar Prihadi Enggan Maju Lagi di Pilwakot Semarang, Pilih Pilgub Jateng

Hendar mengaku telah menyampaikan keengganan maju di Semarang ke Bambang Pacul.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Hendar Prihadi
Foto: Situs Pemerintah Kota Semarang
Hendar Prihadi

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDIP Kota Semarang, Hendar Prihadi, mengaku tak berminat untuk kembali maju dalam pemilihan wali kota (pilwakot) Semarang. Dia berharap bisa maju dalam pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Tengah (Jateng). 

"Kalau keinginan (maju pilwakot Semarang) pasti enggak. Kalau (berdasarkan) aturan kan memang masih bisa (maju pilwakot)," kata Hendar Prihadi atau akrab disapa Hendi, sesuai menghadiri acara di Hotel MG Setos, Semarang, Jumat (2/8/2024). 

 

Mantan wali kota Semarang periode 2016-2021 dan 2021-2022 itu menambahkan, dia sudah mengomunikasikan keengganannya maju dalam pilwakot Semarang kepada Ketua DPD PDIP Jateng, Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. "Saya sudah berdiskusi dengan pimpinan, ke Mas Pacul sudah sampaikan 'Enggak lah Mas, saya sudah selesai dengan urusan di Kota Semarang. Saya izinkan untuk mengabdi di tempat lain'. Gitu," ucap Hendi. 

 

Dia kemudian menyampaikan keinginannya maju dalam pilgub Jateng. "Saya hari ini coba ikhtiar untuk bisa bareng-bareng membenahi Provinsi Jawa Tengah," ujarnya. 

 

Saat ini KPK diketahui tengah mengusut kasus dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang. Kasus tersebut turut menyeret Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu (akrab disapa Ita) dan suaminya yang menjabat ketua Komisi D DPRD Jateng Alwin Basri. Keduanya baru saja menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK di Jakarta baru-baru ini. 

 

Sebelum kasus dugaan korupsi di Pemkot Semarang muncul, Ita, yang merupakan kader PDIP, digadang-gadang akan kembali maju dalam kontestasi pilwakot Semarang. Namun karena saat ini terseret kasus dugaan korupsi, belum diketahui apakah Ita bakal kembali maju dalam pilwakot Semarang. 

 

Terkait kans Ita maju lagi di pilwakot Semarang, Hendi mengatakan keputusan akhir akan diputuskan Dewan Pengurus Pusat (DPP). "Saya sudah melaporkan situasinya. Makanya tinggal nanti DPP kira-kira membuat keputusan siapa yang maju di Kota Semarang. Kita tunggu saja," ucapnya. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاۤءَ فَبَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ اَنْ يَّنْكِحْنَ اَزْوَاجَهُنَّ اِذَا تَرَاضَوْا بَيْنَهُمْ بِالْمَعْرُوْفِ ۗ ذٰلِكَ يُوْعَظُ بِهٖ مَنْ كَانَ مِنْكُمْ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ ۗ ذٰلِكُمْ اَزْكٰى لَكُمْ وَاَطْهَرُ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ
Dan apabila kamu menceraikan istri-istri (kamu), lalu sampai idahnya, maka jangan kamu halangi mereka menikah (lagi) dengan calon suaminya, apabila telah terjalin kecocokan di antara mereka dengan cara yang baik. Itulah yang dinasihatkan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Itu lebih suci bagimu dan lebih bersih. Dan Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.

(QS. Al-Baqarah ayat 232)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement