Senin 05 Aug 2024 06:58 WIB

Balaskan Haniyeh, Pejuang Palestina Kembali Hajar Tank Israel

Perlawanan Palestina diperkirakan menguat setelah syahidnya Haniyeh.

Red: Fitriyan Zamzami
Grafiti menggambarkan tank Israel disasar segitiga terbalik merah di Beirut.
Foto: Palestine Studies
Grafiti menggambarkan tank Israel disasar segitiga terbalik merah di Beirut.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Syahidnya Ismail Haniyeh yang dibunuh Israel di Teheran, Iran, tak berhasil meredam perlawanan pejuang Palestina di Jalur Gaza. Pada Ahad, Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas kembali menyiarkan sejumlah serangan terbaru terhadap pasukan penjajahan Israel.

Brigade al-Qassam kemarin menayangkan adegan menargetkan kendaraan pendudukan Israel yang menembus timur kota Rafah di Jalur Gaza selatan. Mereka menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi pada 3 Agustus, dan mencatat bahwa operasi penargetan terjadi di daerah "Zalata" di sebelah timur kota perbatasan dengan Mesir.

Baca Juga

Rekaman tersebut menunjukkan pejuang Qassam muncul dari salah satu terowongan ofensif, dan tank Israel menjadi sasaran peluru anti-tank "Al-Yassin 105". Al-Qassam mengakhiri adegan tersebut dengan rekaman evakuasi korban tewas dan tentara pendudukan melalui helikopter Israel, selain penarikan salah satu kendaraan yang menjadi sasaran.

Pada hari yang sama, surat kabar Israel Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa setidaknya 10.000 tentara Israel tewas atau terluka selama berbulan-bulan pertempuran di Jalur Gaza, dan mencatat bahwa seribu tentara bergabung dengan departemen rehabilitasi Kementerian Pertahanan setiap bulannya.