Rabu 07 Aug 2024 06:41 WIB

Jokowi akan Kumpulkan Kepala Daerah se-Indonesia di IKN, Istana: Akan Ada Pengarahan

Tak hanya gubernur, para wali kota dan bupati juga akan dikumpulkan di IKN.

Rep: Bayu Adji P / Red: Teguh Firmansyah
Presiden Joko Widodo
Foto: Setpres
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengumpulkan kepala daerah se-Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada 13 Agustus 2024. Para kepala daerah akan diberikan pengarahan oleh Presiden Jokowi. 

"Iya, 13 (Agustus) gubernur se-Indonesia dikumpulkan, pj gubernur oleh Pak Presiden," kata Heru, Selasa (6/8/2024).

Baca Juga

Ia menyebutkan, tak hanya para gubernur yang akan dikumpulkan oleh Presiden Jokowi. Para bupati dan wali kota juga akan diminta berkumpul di IKN pada hari yang sama. "Pertama adalah bupati/wali kota pukul 9 pagi, setelah itu pukul 10 dilanjutkan para gubernur," ujar Heru.

Ia menjelaskan, para kepala daerah itu sengaja dikumpulkan lantaran Presiden Jokowi akan memberikan pengarahan. Akan ada banyak hal yang menjadi fokus arahan Jokowi, salah satunya mengenai persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Macam-macam (pengarahan). Ada tahapan proses pilkada, wilayah masing-masing harus aman, menjaga netralitas, lantas juga bisa merealisasikan kegiatan kegiatan RPJPD (rencana pembangunan jangka pendek daerah). Banyak," kata Heru.

Sebelumnya, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional Raja Juli Antoni mengatakan, perkembangan pembangunan IKN berjalan lancar jelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan, Presiden Jokowi direncanakan menggelar sidang kabinet paripurna di IKN sebelum 17 Agustus 2024.

"Alhamdulillah, puji Tuhan, tadi saya bertemu dengan Pak Bas (Basuki Hadimuljono). Kami update semua perkembangan (IKN), insyaallah semua akan berjalan baik-baik saja," kata dia di kawasan Senayan, Senin (5/8/2024).

Menurut dia, Presiden Jokowi akan berangkat ke IKN pada 11 Agustus 2024. Setelah itu, akan ada beberapa kegiatan bersama para menteri dan kepala daerah se-Indonesia di IKN.

"Pak Jokowi tanggal 11 (Agustus) siang atau sore akan berangkat ke IKN, tanggal 12-nya akan ada rapat kebinet paripurna di sana, tanggal 13-nya bupati, wali kota, gubernur se-Indonesia juga akan datang untuk rapat koordinasi dengan Pak Jokowi," kata dia.

Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Kepala Otorita IKN (OIKN) itu menilai semua persiapan untuk berbagai kegiatan itu sudah maksimal. Ia pun berharap seluruh kegiatan akan berjalan lancar. "Insyaallah semua akan lancar. Mohon doa," kata Raja Juli.

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement